92 PPPK Angkatan Pertama Dilantik

Klaten – Sebanyak 92 Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Klaten resmi dilantik, Selasa (16/2/21). PPPK tersebut merupakan angkatan pertama yang mengikuti seleksi pada tahun 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Klaten, Surti Hartini mengatakan PPPK yang dilantik selanjutnya menempati posisi sebagai penyuluh pertanian di bawah Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten. Adapun proses seleksi dilaksanakan mulai Februari hingga Maret 2019.

“Proses seleksi digelar dengan sistem CAT seperti yang digunakan dalam seleksi CPNS. Semua peserta mengikuti tes yang sama. Penetapan SK NIP dilakukan Januari 2021 karena masih menunggu SK dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional),” paparnya.

Ia mengatakan tahapan seleksi PPPK formasi penyuluh pertanian diikuti oleh 96 peserta dan 94 dinyatakan lulus seleksi. Namun dalam prosesnya, satu peserta mengundurkan diri atas permintaan sendiri dan satu peserta lainnya meninggal dunia.

Surti juga menjelaskan, sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 2014, PPPK yang dilantik terdiri dari 46 pegawai golongan IX atau setara dengan III/a dengan jenjang pendidikan S1/D-IV, 7 pegawai golongan VII atau setara dengan II/c dengan jenjang pendidikan D-III, dan 39 pegawai golongan V atau setara dengan II/a dengan jenjang pendidikan SLTA. PPPK yang dilantik memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), hanya saja PPPK tidak dapat menempati jabatan adminitratif.

“Sesuai dengan UU Nomor 5/2014, ASN (Aparatur Sipil Negara) itu ada dua, yaitu PNS dan PPPK. Sehingga hak dan kewajiban yang sama dan golongannya disesuaikan dengan jenjang pendidikannya,” katanya menjelaskan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani berharap dengan dilantiknya 92 penyuluh pertanian sebagai PPPK yang sebelumnya hanya Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan DPKPP Kabupaten Klaten, dapat menambah semangat kerja dan melaksanakan tugas fungsi pokoknya. Ia menyampaikan agar PPPK terlantik dapat terus mengembangkan diri untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

“Dengan dilantiknya PPPK angkatan pertama ini, saya berharap PPPK semakin bersemangat dalam bekerja dan mengembangkan diri. Karena bagaimanapun ke depannya tantangan yang dihadapi akan semakin beragam dan kompleks,” ungkapnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 78 kali

Comments are closed.