Ajak Waspada Corona,Bupati Klaten Rela Orasi di Pasar Dari Jip Terbuka

KLATEN – Ini mungkin bukan pemandangan yang lazim. Tapi inilah yang terjadi. Mengajak warga Pasar Gede waspada Corona (Sabtu, 21/03/20), Bupati Klaten Sri Mulyani nekat berorasi di atas mobil jip terbuka meskipun siang’ itu matahari bersinar sangat terik. Spontan aksi itu mengundang perhatian para pedagang dan pengunjung pasar yang tengah berbelanja.

Mengenakan rompi abu-abu membalut kaos putih lengan panjang yang dipakai, Sri Mulyani tampak semangat mengajak warga pasar membiasakan cuci tangan. Tidak hanya itu, dengan pengeras suara seadanya dan masker yang menggantung di leher,dia mengingatkan warga agar menghindari kerumunan jika memang tidak mendesak.

“Tujuan kami datang ke pasar-pasar di Kabupaten Klaten bersama Dinas Kesehatan, Gusgas PP Covid-19 Klaten adalah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa untuk mencegah virus Corona warga harus membiasakan cuci secara benar setiap habis bepergian atau beraktivitas. Alhamdulillah sampai saat ini Klaten belum ada yang positif sehingga agar masyarakat tidak panik tapi terus waspada. Agar kondisi ini aman selalu, kami juga ajak semuanya agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Kami sosialisasikan dan woro-woro hadir secara langsung ditengah-tengah masyarakat agar mereka mendengarkan” ungkap Sri Mulyani didampingi sejumlah pejabat dan relawan.

Ditambahkannya bagi anak-anak sekolah agar tetap berada di rumah sambil belajar. Gunakan waktu di rumah dengan baik dan orang tua untuk bisa mendampingi.

Selain mengajak warganya untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus Covid-19, Bupati Klaten berkeliling pasar memberikan hand sanitizer dan masker kepada warganya yang dijumpai. Para warga juga diberikan selebaran yang berisi petunjuk tata cara menjaga kesehatan dan pencegahan penyakit dengan bahasa yang mudah dipahami. Harapannya agar adanya himbauan, pemberian masker dan hand sanitizer tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik khususnya di area pasar yang memungkinkan terjadinya interaksi dengan banyak orang.

Hadirnya Bupati Klaten disambut gembira oleh para warga yang saat itu tengah melakukan aktivitas jual-beli. Para warga sebelumnya tak menyangka bahwa Bupati Klaten akan menemui warga di pasar pagi itu.

Kepedulian pemerintah terhadap warganya tersebut turut dirasakan oleh Rosiyem (65) salah satu pedagang di Pasar Gede, Klaten Tengah. Pedagang sayur yang akrab disapa Mbah Iyem tersebut mengaku remen (senang) karena Bupati Klaten telah datang langsung di Pasar Gede dan memintanya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Sembari mengenakan masker yang diberikan oleh Bupati Klaten, dirinya turut menunjukan selebaran dan hand sanitizer yang diberikan Bupati Klaten.

“Remen kalih Ibu Bupati sampun mriki. Kula ndherek petunjuk kangge njogo kesehatan dan kebersihan. Nyuwun sehat, selamet, lan ditebihke saking bencono, musibah penyakit, supados Klaten ayem tentrem (Senang dengan Ibu Bupati sudah kesini, saya ikuti petunjuknya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, dan minta sehat, selamat, dijauhkan dari bencana, musibah penyakit supaya Klaten damai dan tenteram)” ungkap Mbah Iyem usai mendengarkan arahan Bupati Klaten.

Ditulis Joko Priyono dan Bambang Setyomoko Dinas Kominfo Klaten

sosialisasi bupati (3)
sosialisasi bupati (2)
sosialisasi bupati

telah dibaca: 140 kali

Comments are closed.