Akhir 2020, Klaten Sudah Membangun 21 Balai Penyuluhan KB

KLATEN- Pemerintah Kabupaten Klaten kini telah mempunyai sejumlah 21 Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB). Peresmian Balai Penyuluhan KB yang ke 21 di Kecamatan Klaten Selatan, dilakukan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani yang dalam kesempatan ini hadir diwakili oleh Sekda Klaten Jaka Sawaldi.

Bupati Sri Mulyani menitipkan pesan agar program KB di khususnya di Kabupaten Klaten untuk dilakukan secara serius guna mencegah adanya ledakan penduduk di masa mendatang. Terlebih, dengan pertumbuhan penduduk yang tak terkendali dapat menimbulkan berbagai permasalahan.

Maka kemudian, upaya pengendalian penduduk menjadi perhatian serius Pemkab Klaten melalui Dinas Sosial P3AKB. Salah satunya adalah dengan disediakannya Balai Penyuluhan KB.

“Program KB hadir menjadi salah satu solusi untuk mengendalikan laju pertumbuhan, program KB harus digarap secara serius agar tidak terjadi ledakan jumlah penduduk di masa mendatang. Hadirnya Balai Penyuluhan KB ini menjadi pendukung suksesnya program KB di Kabupaten Klaten, khususnya untuk di Klaten Selatan ini” Jelas Bupati dalam sambutan yang dibacakan Sekda Klaten.

Sri Mulyani berharap, keberadaan Balai Penyuluhan KB ini dapat menambah motivasi dan semangat para penyuluh KB, para petugas pembantu, pembina KB, desa dan kelurahan dan motivatorKB lainnya untuk semakin giat melaksanakan tugas dan pengabdiannya pada masyarakat dan program KB dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Klaten.

Kepala Dinsos P3AKB M Nasir mengungkapkan, dari 26 kecamatan di Kabupaten Klaten, sebanyak 21 diantaranya telah memiliki Balai Penyuluhan KB. Dalam waktu dekat, rencananya akan dibangun dua lagi yakni di Kecamatan Juwiring dan Kecamatan Cawas. Selain itu, terdapat tiga kecamatan lain yang belum memiliki balai yakni Kecamatan Kemalang, Polanharjo dan Klaten Tengah.

M Nasir mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Klaten berkomitmen untuk menyukseskan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana atau Bangga (Bangga Kencana). Segudang prestasi kaitannya dengan program KB pun telah berhasil diraih Klaten.

Dikatakannya, prestasi yang diraih sebagai wujud komitmen kita bersama, di tahun 2020 yaitu Bupati Klaten Sri Mulyani mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana. Kemudian, Klaten juga berhasil meraih juara satu dalam pelayanan KB Tni Manunggal KB Kesehatan (TMKK) untuk tingkat Jawa Tengah, dan juara satu untuk pelayanan KB di rumah sakit tipe C yaitu di Rumah Sakit Bagas Waras.

“Tentunya ini akan menjadi motivasi kita, bagaimana kita berkomitmen tinggi terhadap Bangga Kencana yang tentunya masyarakat dapat menikmati pelayanan KB dengan baik. Dengan pelayanan yang baik dan komitmen yang tinggi, pelaksanaan Bangga Kencana ini bisa dilaksanakan oleh Dinas Sosial P3AKB Klaten dan tentunya dengan dukungan bupati, sekda dan jajaran OPD” Pungkasnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 24 kali

Comments are closed.