Akibat Gedung Bocor, Ribuan Arsip Kependudukan Klaten Terpaksa Dipindah-Selamatkan

KLATEN – Mengantisipasi kerusakan akibat kebocoran atap gedung dan hujan lebat sebulan terakhir, ribuan dokumen kependudukan milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Klaten terpaksa dipindah-selamatkan. Dokumen kependudukan kategori arsip statis itu untuk sementara dititipkan di Depo Arsip Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kab. Klaten.
“Jumlah dokumen ada ribuan berkas. Kebanyakan dokumen itu adalah akte kelahiran. Sementara itu akte adalah termasuk arsip statis yang masa penggunaannya bisa selamanya. Jadi akte kelahiran ini sangat urgen diselamatkan karena berkaitan dengan kepentingan warga. Bahkan ada akte kelahiran terbitan tahun 1953” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sri Winoto saat wawancara di Setda Klaten (Senin, 16/12/19).
Sri Winoto sekaligus Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Klaten menambahkan selain dokumen arsip berupa akte kelahiran ada juga data keuangan kantor. Walaupun sudah dilakukan pembinaan kearsipan oleh tenaga arsiparis, karena banyaknya dokumen, menyebabkan ada arsip kependudukan yang belum ditata dengan baik. Membutuhkan waktu kira-kira seminggu untuk memindah-selamatkan arsip kependudukan ke depo penyimpanan di Dinas Arpus Klaten.
Ditanya terkait layanan kependudukan dampak konsul bangunan yang rusak dan bocor, Sri Winoto mengatakan, pelayanan sementara pindah bergabung di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klaten.
“Kondisi gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil saat ini dikosongkan. Akibat rusaknya konsul bangunan akibat hujan dan angin puting beliung beberapa pekan lalu (24/11/19), menyebakan air hujan masuk ke ruangan. Yang penting layanan masyarakat diutamakan dan dokumen penting diselamatkan. Untuk sementara layanan kependudukan dipindahkan dan bergabung di lantai satu Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klaten” jelas Sri Winoto.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 61 kali

Comments are closed.