Aksi Unik Pendengar RSPD Klaten, Bawa Oleh-oleh Sampai Sejinjing Rambutan Bagi Penyiar Idola

KLATEN – Kecintaan pendengar radio dengan penyiar idola tidak selalu bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tidak cukup mendengarkan suara sang penyiar idolanya lewat acara yang mengudara, tak jarang para pendengar setia ingin ketemu mengobrol dan berfoto bersama.

Itu juga yang dirasakan pasangan suami istri Slamet Widodo (57) dan Kamtini (55), pendengar setia Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten saat berkunjung di komplek Gedung Sunan Pandanaran Klaten Jumat malam pekan lalu (13/01/23), di lokasi studio radio pemerintah yang sudah berumur 55 tahun itu.
Tak sekedar jumpa penyiar, suami istri asal Dukuh Tuwuhan, Pasungan, Ceper, Klaten itu mengaku sengaja membawakan sejinjing buah rambutan hasil panennya di kebun buat kru RSPD yang bertugas.

“Tadi dari rumah memang langsung ke RSPD Klaten. Tadi bapak (suami) yang mengajak datang ke RSPD Klaten. Dan senang bisa ketemu dengan kru RSPD Klaten. Kalau penyiar favorit ya Mas Ari Joss. Di rumah kebetulan panen rambutan. Jadi bawa oleh-oleh buat kru dan penyiar RSPD” kata Kamtini sambil berkelakar.

Kalau ditanya acara favorit ibu yang berprofesi sebagai pengasuh bayi itu menerangkan hampir semua menu acara yang disiarkan RSPD Klaten cukup menarik.

Baca Juga:  Vaksinasi Booster Kedua Digelar, Bupati : Jaga Kesehatan, Tetap Waspada

“Saya paling suka acara Pagi Beriman dan Koesploes Mania. Biasanya saya mendengarkan sambil memasak atau bersih-bersih rumah. Kami dengar kru RSPD Klaten itu sudah seperti keluarga. Jadi mereka itu tidak membeda-bedakan. Selanjutnya kami berhimpun di paguyuban GRS atau Guyub Rukun Saklawase sebagai wadah para monitor atau pendengar RSPD Klaten” tuturnya.

Ariyanto (32) penyiar muda RSPD Klaten menuturkan para monitor itu sudah ada wadah dalam paguyuban pendengar. Bahkan mereka itu sering jumpa darat dalam bentuk pertemuan arisan.

“Ada paguyuban monitor RSPD namanya Guyub Rukun Saklawase atau GRS. Anggotanya ada 200 lebih. Jadi mereka itu sering jumpa darat atau kumpulan. Paguyuban juga sering memberikan masukan terkait program acara. Dengan acara Pagi Beriman, Koesplos Mania, dangdut atau uyon-uyon itu menjadi acara favorit pendengar. Istilahnya acara RSPD bisa untuk jampi sayah ngabok yuswo (obat penawar lelah dan menambah umur) ” pungkas penyiar yang mengudara dengan panggilan Mas Ari Arjo Semangat alias Ari Joss.

Radio Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) RSPD Klaten berdiri sejak 1968. Bertempat di komplek gedung Sunan Pandanaran Klaten, studio RSPD Klaten memancar di gelombang 91,6 FM dari jam 05.30 sampai 23.00 WIB. Sampai 2023 RSPD Klaten telah 55 tahun mengudara mengiringi dinamika masyarakat Klaten dengan informasi dan hiburan.

Baca Juga:  Vaksinasi Booster Kedua Digelar, Bupati : Jaga Kesehatan, Tetap Waspada

Penulis : Joko Priyono Klaten

telah dibaca: 86 kali

Comments are closed.