Alokasi Dana Bantuan Sosial Covid Ditambah

KLATEN – Pemerintah Pusat melalui sejumlah kementrian menggelar rapat kerja nasional yang membahas terkait aloksi bantuan sosial covid-19 melalui vidcon di ruang kerja kantor Bupati Klaten pada Senin pagi, (10/1/20). Acara rapat tersebut diikuti oleh beberapa kementrian antara lain Menteri Keuangan dan Menteri BUMN. Dari ruang kerja kantor Bupati Klaten, Sri Mulyani selaku Bupati Klaten bersama para tamu undangan mengikuti rapat kerja nasional.

Dalam acara rapat tersebut, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara selaku pembicara dalam acara rapat tersebut mengatakan bahwa dilakukan APBN refocusing dan juga realokasi menempatkan beberapa optik prioritas diantaranya optik kesehatan dan anggaran perlindungan sosial mengingat adanya pembatasan sosial dimasa pandemi ini. Pada penerimaan APBN mengalami penurunan akan tetapi untuk belanja mengalami peningkatan.
.
“Bahwa penerimaan APBN menurun akan tetapi ada peningkatan dalam belanja yang termasuk dalam belanja terkait dengan bantuan sosial meningkat hingga 80% tentu ini dimaksudkan untuk melindungi masyarakat miskin dan kaum rentan dimasa pandemi.” ungkapnya
.
Disamping itu untuk menyiasati hal tersebut, akan ada program terkait ketahanan pangan pada APBN 2021 yang akan menjadikan program tersebut sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi. Pasalnya anggaran ketahanan pangan 2021 ini mengalami peningkatan secara signifikan yang sebelumnya mengalami penurunan akibat pandemi.

“Anggaran ketahanan pangan di tahun 2021 ini meningkat 30 persen setelah beberapa tahun mengalami penurunan. Diharapkan pada rapat kerja kali ini akan ada kenaikan lagi dan bisa memaksimalkan APBN” terangnya
.
Ia juga berharap untuk pihaknya agar terus memastikan anggaran negara bekerja secara optimal untuk memberi dukungan secara maksimal dimasa pandemi.

Penulis Salma Dinas Kominfo Klaten
Editor Joko Priyono

telah dibaca: 57 kali

Comments are closed.