Anggota Orari Ikuti Ujian Negara Amatir Radio Berbasis CAT Di Klaten

KLATEN – Belasan peserta mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) di halaman kantor Diskominfo Kabupaten Klaten, Senin (19/2/2024).

Kegiatan ini digelar oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Balmon SRF) Kelas I Yogyakarta. UNAR diikuti 11 anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) meliputi 4 peserta dari Klaten, 1 dari Kebumen, 1 Sleman, 1 Kulon Progo, 2 Sragen dan 2 lainya dari Purworejo.

Kepala Balmon SFR Kelas I Yogyakarta, Enik Sarjumanah mengatakan UNAR non reguler kali ini dilaksanakan secara mobile di wilayah kabupaten atau kota menggunakan bus yang sudah dimodifikasi untuk ujian. Adapun pelaksanaan UNAR berbasis Computer Assistant Test (CAT).

“Pelaksanaan UNAR secara mobile seperti ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan khususnya terhadap amatir radio dan seluruh pengguna frekuensi radio. Dengan adanya Ujian ini diharapkan peserta dalam menggunakan frekuensi radio sesuai dengan peruntukannya dan legal secara perizinan,” ungkapnya.

Para peserta mengikuti ujian untuk tingkat Siaga (YD). Bagi peserta yang lolos ujian akan mendapatkan call sign yang digunakan secara resmi.

Baca Juga:  Gelar Halal Bihalal, Ketua DPRD Klaten : Maksimalkan Kinerja Legislatif di Akhir Masa Jabatan

“Ujian yang dilaksanakan secara mobile ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak peminat,” paparnya. (far-ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 87 kali

Comments are closed.