Antisipasi Covid-19, Empat Obyek Wisata di Klaten Ditutup

KLATEN- Untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona atau Covid – 19, empat obyek wisata di Kabupaten Klaten terpaksa ditutup. Penutupan itu dimulai Senin 16 – 22 Maret 2020. Empat obyek wisata yang ditutup tersebut masing-masing Obyek Mata Air Cokro (OMAC) di Tulung, Bukit Sidoguro di Bayat, Candi Plaosan dan Candi Sojiwan di Prambanan.
Demikian disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanggulangan Virus Corona Covid 19 Tingkat Kabupaten Klaten, Rony Roekmito (16/03/20).
“Mulai hari ini (Senin, 16/03/20) sampai sepekan kedepan tepatnya Minggu (22/03/20) OMAC, Sidoguro, Candi Plaosan dan Sojiwan ditutup. Hal ini terpaksa ditempuh menghindari hal yang tidak diinginkan terkait penyebaran virus corona. Saya berharap masyarakat memahami dan menyesuaikan dengan langkah yang diambil pemerintah” tegas Ronny.
Ronny Roekmito sekaligus Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Klaten mengaku sejak semalam sudah mengkofirmasi dinas terkait. Surat resminya akan segera ditindak-lanjuti organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.
Menanggapi intruksi tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten, Sri Nugroho, mengatakan telah menyiapkan langkah-langkah penting salah satunya kegiatan kebersihan di lokasi obyek wisata masing-masing.
“ Saat ini kami sedang menyiapkan banner dan spanduk untuk dipasang di sekitar tempat – wisata yang ditutup agar segera diketahui masyarakat. Bersamaan dengan itu petugas juga saya perintahkan untuk membersihkan obyek wisata” jelas Sri Nugroho (Senin, 16/03/20) saat dikonfirmasi langsung.
Ditanya terkait tempat-tempat wisata yang dikelola Bundes seperti Ponggok dan sebagainya, Sri Nugroho menambahkan bahwa penutupan itu dibawah kordinator camat setempat. Langkah itu sesuai intruksi Ketua Satgas Percepatan Penanggulangan Virus Corona Covid 19 Tingkat Kabupaten Klaten.
Sri Nugroho menambahkan meskipun ditutup di beberapa obyek wisata tersebut sesuai arahan Satgas Percepatan Penanggulangan Virus Corona Covid 19 Tingkat Kabupaten Klaten juga disediakan sarana cuci tangan pakai sabun dengan beberapa kran air. Misalnya di Bukit Sidoguro disiapkan 12 titik cuci tangan pakai sabun dan di OMAC disediakan 6 titik cuci tangan pakai sabun, sehingga nantinya jika obyek wisata dibuka lagi, maka sarana cuci tangan pakai sabun dapat digunakan oleh pengunjung

Penulis Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 150 kali

Comments are closed.