Apel Hari Jadi ke-69 Provinsi Jateng: Komitmen Kembangkan SMKN Jateng

Pemerintah Kabupaten Klaten menggelar apel pagi dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang diadakan di Halaman Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (15/8). Bertindak sebagai pembina sekaligus pemimpin apel hari jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah tingkat Kabupaten Klaten yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Klaten, dr Rony Roekmito, MKes.

Sambutan Gubernur Jateng yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Klaten dr Rony Roekmito, MKes diawali dengan membacakan surat dari siswa baru SMKN Jateng, Fajar Jaka Surya asli warga Petarukan, Pemalang. Fajar dalam surat itu menyampaikan pesan ibundanya untuk mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Fajar sekolah di SMKN Jateng semuanya gratis mulai dari seragam, tas, alat tulis, tempat tinggal dan makan semuanya gratis. Ibunda Fajar merupakan single parent dengan anak tujuh, bekerja sebagai buruh tenun dengan gaji Rp 23.000 setiap minggu.
Pada surat tersebut, Fajar, seperti dibacakan Asisten I dr Rony Roekmito MKes, juga mengakui tidak mungkin bisa sekolah kalau tidak ada SMKN Jateng. Maka dari itu Fajar meminta kepada Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo supaya memperbanyak membuka SMK seperti SMKN Jateng di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo dalam sambutan seperti dikutip dr Rony Roekmito MKes menyatakan, siap membuka SMKN Jateng di seluruh kabupaten/kota di Jateng namun dengan bertahap seperti membuka 5 dulu, baru 10, 15 dan seterusnya. Ditegaskan, iktiar, usaha untuk memberikan pendidikan yang layak dari keluarga kurang mampu harus dimulai dari sekarang. Dikatakan, mulai tahun 2020 akan dicoba pendidikan gratis untuk siswa miskin tingkat SMA/SMK/SLB. Saat ini Pemprov Jateng telah menyediakan anggaran Rp 1 triliun lebih untuk memastikan semua siswa miskin dapat sekolah secara gratis alias tidak membayar.

dr Rony Roekmito, MKes membacakan sambutan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP dengan Bahasa Jawa mengajak peserta apel untuk mendoakan almarhum KH Maimoen Zubair yang wafat di Mekkah pada 6 Agustus 2019. KH Maimoen Zubair yang merupakan tokoh kebangsaan dan nasionalis lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1928 dan meninggal dunia pada usia 90 tahun.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo juga menyampaikan, angka kemiskinan di Jateng sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sejak Maret 2014 sampai Maret 2019 telah turun 1.093.220 orang. Kemudian membangun Bandara Ahmad Yani Semarang, memberi insentif guru ngaji, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), memberi honor kepada guru honorer sesuai UMK, mendapat penghargaan dari KPK dan Jateng bagus dalam hal investasi. Apel pagi dalam rangka peringatan hari jadi ke-69 Provinsi Jateng di Halaman Pendopo Pemkab Klaten dimulai pukul 07.15 WIB sampai pukul 08.00 WIB. (Bagian Humas Setda Klaten)

Tampak hadir pada apel hari jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah tingkat Kabupaten Klaten antara lain Asisten II Sekda Klaten Drs H Purwanto AC MSi, Asisten III Sekda Klaten Sri Winoto SH, staf ahli Bupati Klaten masing-masing Ir Wahyu Prasetyo MSi, Drs Abdul Mursyid MT, H Joko Wiyono SSos MM. Kemudian Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Sunarno SH, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten Hj Surti Hartini SH Cn.
Selain itu juga hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Drs H Amin Mustofa MSi, Kepala Bagian Humas Klaten H Wahyudi Martono SSos MM serta sejumlah pejabat lainnya.

telah dibaca: 18 kali

Comments are closed.