Apel Pengamanan Pilkades Serentak 269 Desa

apelpilkades
apelpilkades3
apelpilkades2
apelpilkades4
Polres Klaten mengadakan Gelar Pasukan pengamanan Pilkades serentak 269 desa di Kabupaten Klaten, Rabu 13 Maret 2019 di Alun-alun Klaten, Selasa (12/03). Apel gelar pasukan pengamanan Pilkades bertujuan untuk mengecek kesiapan pengamanan Pilkades mulai H-1 sampai pada pemungutan suara hingga penghitungan suara.

Kapolres Klaten, AKBP Andhie Aries, SIK, MSi selaku pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan, apel gelar pasukan diikuti sekitar 1.260 anggota Polisi yang berasal dari anggota polisi Polda Jateng, Brimob Polda Jateng, anggota polisi dari Polres Boyolali, Polres Sragen, Polres Karanganyar, Polres Wonogori, Polres Sukoharjo dan seluruh anggota Polres Klaten. Dengan dukungan semua kekuatan keamanan termasuk dibantu dari Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) semoga Pilkades serentak berjalan lancar, aman dan kondusif.

Menurut Kapolres, AKBP Andhie Aries, Pilkades merupakan sarana untuk memilih pemimpin di tingkat desa secara ligitimed. Karena itu Polri harus mampu menjamin keamanan seluruh warga sehingga warga yang sudah mempunyai hak pilih dapat memberikan hak suaranya tanpa adanya intimidasi dari pihak manapun.

AKBP Andhie Aries mengingatkan, agar seluruh personil keamanan dapat memetakan potensi kerawanan yang ada di masing-masing desa yang menggelar Pilkades. Sehingga kerawanan yang mungkin timbul dapat diatasi sejak dini dan akhirnya terwujud pilkades yang aman, damai dan kondusif.

Sedangkan Dandim 0723 Klaten, Letkol Infanteri Eko Setiyawan pada apel gelar pasukan tersebut agar setiap petugas keamanan juga menjaga keamanan pribadinya masing-masing, sehingga mampu mengamankan Pilkades secara baik. Agar petugas keamanan senantiasa menjaga netralitas dan kondusifitas serta segera lapor cepat dan bertindak cepat jika ditemukan adanya indikasi kerawanan sosial akibat Pilkades.

Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam amanatnya meminta agar petugas keamanan terus meningkatkan koordinasi dan mewaspadai kemungkinan timbulnya kerawanan. Kemudian agar jika muncul kerawanan akibat Pilkades agar segera dilaporkan dan sesegera mungkin diselesaikan secara baik dan berjenjang, sehingga Pilkades tidak mengganggu keamanan menjelang Pemilu 17 April 2019.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani berharap, agar Pilkades tidak menciderai pelaksanaan Pemilu serentak baik Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019. Untuk itu seluruh petugas keamanan agar senantiasa menjaga keamanan dan kondusifitas seluruh wilayah di Klaten sehingga terwujud Pilkades serentak yang aman dan Pemilu 2019 yang kondusif.

Apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak ditandai penyematan pita petugas keamanan dan penyerahan dana pengamanan Pilkades serta pemotongan tumpeng yang dilakukan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang diserahkan kepada Kapolres Klaten AKBP Andhie Aries serta diakhiri dengan makan bersama di tengah Alun-alun Klaten.

telah dibaca: 59 kali

Comments are closed.