Aplikasi Sipon Keduten Klaten, Tawarkan Layanan Kependudukan Semudah Update Status

KLATEN – Kini warga Klaten tidak perlu repot berbondong-bondong ke kantor pemerintah untuk mendapatkan layanan kependudukan. Sekedar mencari KTP elektronik. Kartu Keluarga (KK), Kartu Indentitas Anak (KIA), akte kelahiran dan kematian atau pindah datang, sekarang bisa dilakukan dengan mudah dari rumah melalui smartphone. Dengan aplikasi Sipon Keduten alias Sistim Pelayanan On line Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Klaten, warga bisa mendapatkan layanan kependudukan semudah update status.

Caranya cukup mudah. Masyarakat cukup mengakses di laman website http://pelayanan.dukcapil.klatenkab.go.id memilih menu login dan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat email. Tidak lama setelah itu pemohon akan mendapat balasan kata kunci melalui email untuk bisa mengakses layanan kependudukan yang dikehendaki.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten (Dukcapil) Klaten Sri Winoto mengatakan menjelaskan inovasi Sipon Keduten sebagai jawaban sekaligus antisipasi menghindari antrian sekaligus kerumuman warga, apalagi saat ini sedang mewabah virus corona.
“Kami menyiapkan aplikasi ini pada momentun yang sangat dibutuhkan. Dinas Dukcapil menjadi salah satu instansi dimana konsentrasi warga terkait kebutuhan pelayanan publik. Semoga nantinya warga tidak perlu mengantri dan yang jauh lebih penting menghindari kerumunan massa terkait layanan publik agar terhindar dari paparan covid-19. Sejak hari ini (Senin, 23/3/20) aplikasi Sipon Keduten dapat diakses masyarakat ” jelas Sri Winoto saat wawancara (Senin, 23/03/20).

Ditambahkan aplikasi Sipon Keduten ini disiapkan untuk memberikan kemudahan, kecepatan dan kepuasan bagi masyarakat. Sri Winoto sekaligus Asisten Administrasi Setda Klaten ini berharap masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini dan harus repot-repot meninggalkan rumah atau pekerjaan.

Sedangkan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Sri Hartanto menjelaskan layanan Sipon Keduten juga dilengkapi dengan layanan dokumen kependudukan gratis.
“Nanti kalau dokumen kependudukan itu sudah jadi, warga tidak perlu harus mengambil ke Dinas Dukcapil. Dokumen itu akan kami kirim via pos kepada warga dan bisa diambil di kantor pemerintah desa setempat. Pengiriman dokumen kependudukan itu gratis alias tidak dipungut biaya karena sudah dibayai melalui APBD” jelas Sri Hartanto.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 25688 kali

Comments are closed.