Arsip BPN Klaten Ternyata Sudah Dialih-mediakan

KLATEN – Dampak kebakaran gedung Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten khususnya terkait kondisi arsip vital terus diteliti. Berdasarkan tinjauan lapangan petugas dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten didampingi petugas kearsipan Provinsi Jawa Tengah menunjukkan bahwa sebagian besar arsip BPN Klaten sudah dialih-mediakan.

“Benar kalau arsip – arsip penting dari BPN sudah dialih-mediakan. Informasi ini penting untuk diketahui masyarakat. Memang juga ada arsip yang dan terbakar. Tapi arsip penting sudah diantisipasi dengan upaya alih media” terang Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Syahruna saat diterima Kepala BPN Klaten Agung Taufik Hidayat di acara kordinasi di ruang kerjanya (Senin, 24/05).

Keterangan alih media arsip BPN ini kata Syahruna untuk memberikan informasi yang benar terkait dampak kebakaran kemarin khususnya dokumen yang ada.

“Kami dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten siap membantu jika dibutuhkan kaitannya dengan penataan kembali arsip di BPN. Sesama unsur pemerintah harus bersinergi” ungkap nya.

Di saat yang sama Kepala BPN Klaten Agung Taufik Hidayat mengatakan kalau layanan administrasi pertanahan tidak terganggu pasca kebakaran Sabtu (22/05) petang kemarin. Masyarakat dijamin tetap bisa dilayani sesuai jam kerja.
“Pelayanan kantor kami (BPN) tetap normal. Masyarakat silahkan seperti biasa berkunjung ke BPN jika membutuhkan layanan kami. Layanan tetap buka setiap jam kerja dari jam 08.00 sampai 15.00 WIB mulai hari ini (Senin, 24/05). Layanan kami tidak tertanggu” jelas Agung.

Baca Juga:  Gubernur : Kurva Melonjak, Siapkan RS Khusus Covid-19

Terkait dampak layanan pasca kebakaran Agung menambahkan kalau titik ruang kebakaran adalah ruang belakang di pengukuran. Sementara untuk front office di pelayanan masih aman.
“Kami terus kordinasi internal. Mungkin pelayanan untuk pengukuran yang terpaksa sementara mengalami penundaan karena beberapa peralatan yang terbatas. Tapi petugas lapangan tetap menjalan tugas seperti biasa sesuai surat tugas. Kami tetap semangat bekerja untuk tetap memberikan layanan yang terbaik. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan bantuan banyak pihak” tambahnya.

Seperti dikabarkan Sabtu petang (22/05), masyarakat Klaten dikagetkan berita yang cepat tersebar melalui berbagai media sosial terkait terbakarnya gedung BPN Klaten. Titik api menurut petugas diperkirakan muncul dari ruang belakang gedung sekitar pukul 17.48 WIB. Melalui kerja tim Damkar Klaten yang bekerja keras hampir empat jam, akhirnya sekitar pukul 22.05 WIB di jago api dapat dikendalikan. Hasil laporan petugas tidak ada korban jiwa.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten.

telah dibaca: 207 kali

Comments are closed.