Arsipus Klaten Gelar Bimtek “SRIKANDI” Versi Dua 

KLATEN-  Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten menggelar bimbingan teknis untuk Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) versi dua. Kegiatan ini merupakan implementasi penggunaan arsip elektronik di dalam kinerja Pemerintah Kabupaten Klaten yang masih berkesinambungan dengan pelatihan Srikandi versi satu di Pendopo Kabupaten Klaten (4-5/11/2021).

Kepala Dinas Arsipus Klaten, Syahruna saat bimtek Srikandi versi dua Rabu, (24/11/2021) di Laboratorium Komputer Arsipus. Ia menyampaikan  bimtek Srikandi versi dua dilakukan selama tiga hari mulai Kamis (18/11/2021), Selasa (23/11/2021) dan Rabu (24/11/2021). Pembagian untuk bimtek ada 22 peserta setiap harinya, kemudian perbedaannya dari versi satu adalah kecepatan akses melaui aplikasi Srikandi.

Ia juga menyebutkan sistem ini bisa digunakan untuk penciptaan arsip sampai penghapusan arsip. Kemudian berlanjut dengan adanya  Bimbingan Teknis Srikandi versi dua, untuk peserta mulai dari semua OPD termasuk di Kecamatan.

“Pelaksanaan Srikandi ini arahnya kedepan tahun 2022, menunggu nanti landasan hukumnya. Program Srikandi ini nanti ada empat pilar plus satu yaitu kaitannya dengan tata naskah dinas, kaitannya dengan jangka lisensi arsip kaitanya dengan klasifikasi, dan SKKD dan satunya Tanda Tangan Elektronik (TTE)” ungkapnya

Baca Juga:  Masuk 50 Besar ADWI 2022, Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Bugisan

Ia juga menyampaikan Srikandi tahap pertama mengenai surat menyurat, sampai penciptaan arsip birokrasi. Setelah bimtek pendampingan versi dua, diawal Desember ada bimtek dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaui zoom.

“Nanti setelah ini nanti yang sudah mengikuti bimtek beberapa kali, nanti dia mengajari di intern masing-masing di OPDnya. Dari kepala sampai pejabat strukturalnya. Karena untuk menggunakan Srikandi ini yang menggunakan nanti rata-rata untuk pejabat strukturalnya, jadi harus sosialisasi. Nanti seandainya sosialisasi di OPD masih ada pendampingan, Nanti kami siap mendampingi disana” pungkasnya

 

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 119 kali

Comments are closed.