Atlet Panahan Asal Jatinom Berlaga Di Olimpiade Tokyo

KLATEN – Prestasi luar biasa berhasil ditorehkan Alviyanto Bagas Prastyadi, atlet panahan asal Jatinom, Klaten. Ia menjadi perwakilan Kontingen Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo, Jepang yang berlangsung mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

Atlet yang lahir pada 18 Februari 1992 ini turun bertanding di nomor men’s team recurve atau beregu putra bersama dengan Riau Ega Agatha (Jatim) dan Arif Dwi Pangestu (DIY). Pemuda yang akrab disapa Bagas ini dikenal memiliki bakat sebagai atlet panahan sejak masih belia.

Tak tanggung-tanggung, di usianya yang masih muda serta masih membutuhkan banyak jam terbang sebagai atlet panahan, Bagas sudah mengantongi banyak prestasi. Di antara yang menonjol yakni medali emas di nomor mix team recurve yang diraihnya pada Kejurnas Panahan di Jakarta pada 2018 lalu. Bagas juga berhasil naik podium di ajang Asian Games 2018 yang digelar Jakarta-Palembang. Di nomor beregu putra, ia menyabet medali perak.

Prestasi tersebut kemudian mengantarkannya mengikuti kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo, Archery Final Olympic Qualification Tournament 2021 yang digelar di Kota Paris, Prancis. Trio Bagas, Ega, dan Arif berhasil mengantongi tiket laga di Negeri Sakura meski harus puas di posisi runner up dalam kualifikasi tersebut.

Baca Juga:  Bupati Sri Mulyani Panen Padi Rojolele Seluas 6,5 Hektar

Bakat memanah Bagas tampaknya turun dari sang ibu, Kusmiyati, yang merupakan mantan atlet panahan Klaten. Sedari kecil, Bagas sudah menajamkan bakatnya dengan berlatih bersama Klub Panahan Smartku Jatinom.

“Prestasi ini merupakan sebuah kebanggaan karena ada atlet asli Klaten yang lolos ke Olimpiade Tokyo,” papar Esty Setyaningsih, pengurus Klub Smartku Jatinom.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Klaten, Parwanto menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Bagas. Hal ini membuktikan Kabupaten Klaten memiliki potensi atlet yang berprestasi bahkan hingga level internasional.

Ia berharap berlaganya Bagas di ajang puncak pesta olahraga tersebut dapat memberikan motivasi bagi atlet asal Klaten lainnya di cabang olahraga manapun semakin giat berlatih dan fokus mengukir prestasi dengan kerja keras.

“KONI Klaten sangat bangga akan prestasi yang diraih oleh Bagas. Ini suatu prestasi yang membanggakan ada atlet dari Klaten mencapai prestasi di ajang internasional. Mudah-mudahan apa yang diraih oleh Bagas menjadi penyemangat bagi temen-teman atlet yang ada di Klaten, bahwa Klaten bisa meraih prestasi hingga puncak internasional,” ungkapnya.

Baca Juga:  Studi Referensi, Pemkab Kulonprogo Kunjungi Klaten Terkait Subsidi Bunga UMKM

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 264 kali

Comments are closed.