Bantu Petani, TNI Bangun Jalur Distribusi Pertanian

KLATEN – Beberapa ruas jalan desa yang digunakan untuk menunjang transportasi hasil pertanian dan penghubung warga antar desa telah berfungsi dengan baik setelah diperbaiki lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) tahun 2020. Beberapa desa tersebut diantaranya meliputi Desa Demangan, Nglinggi, serta Desa Sawahan.

Kegiatan Program TNI TMMD dan KBMKB tersebut selasai dilaksanakan dan resmi ditutup dengan penandatangan serta penyerahan prasasti oleh Bupati Klaten yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten dan Komandan Kodim 0723 Klaten kepada Kepala Desa Demangan, Nglinggi, serta Sawahan di halaman pendopo Pemerintah Daerah (pemda) Kabupaten Klaten pada Rabu (29/7).

“Dengan diselenggarakannya TMMD Sengkuyung tahap II kali ini, TNI bersama pemerintah daerah dan masyarakat bersama – sama saling membahu dalam melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kesehteraan masyarakat kabupaten Klaten ” ujar Letkol (Kavaleri) Minarso, S.I.P., Komandan Kodim 0723 Klaten.

Dandim 0723 Klaten menambahakan, kegiatan pembangunan inftrastruktur untuk fasilitas umum dan sosial tersebut merupakan bentuk implementasi peran TNI kepada masyarakat untuk menunjang kegiatan perekonomian masyarakat.

Selain pembangunan infrastruktur jalan, kegiatan fisik lainnya yang telah dilaksanakan dalam program ini yakni pembangunan talud, pembangunan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK), pemugaran tempat ibadah serta Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Dengan adanya program TMMD dan KBMKB di Kabupaten Klaten, khususnya di Desa Nglinggi memberikan dampak yang baik karena memang beberapa kondisi infrastruktur jalan usaha tani sebelumnya tidak layak, sehingga menyebabkan hasil pertanian tidak maksimal karena terkendala dalam pengangkutan” ujar Sugeng Mulyadi, Kepala Desa Nglinggi.

Kades Nglinggi tersebut berharap dengan selesai dibangunnya akses jalan di Desa Nglinggi ini dapat mempermudah transportasi hasil pertanian warganya. Sehingga diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong roda perekonomian masyarakat. Selain itu, dengan akses jalan yang baik antar desa, pihaknya berharap hubungan dengan desa-desa setempat semakin baik.

Sebagai informasi, di Desa Nglinggi telah dilakukan betonisasi jalan sepanjang 1.450 meter dengan lebar 3 meter dengan tebal 10 cm. Selain itu telah diselesaikan talut sepanjang 802 m, rehabilitasi RTLH sebanyak 10 unit dan pembangunan jamban keluarga 8 unit, serta perbaikan tempat ibadah 1 unit telah selesai dilaksanakan. Pembangunan juga telah rampung dilakukan di Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, dan Desa Demangan, Kecamatan Karangdowo

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 26 kali

Comments are closed.