Bantuan Sembako Bagi Keluarga ODP Tidak Mampu di Klaten Mulai Didistribusikan

KLATEN- Pemerintah Kabupaten Klaten mulai mendistribusikan bantuan sembako pada masyarakat kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak mampu yang terdampak akibat adanya Covid-19 untuk 9 kecamatan. Bupati Klaten Sri Mulyani secara simbolis memberikan bantuan sembako itu Rabu pagi (08/04/20), di kantor Kecamatan Klaten Selatan sebanyak 54 paket sembako yang diberikan bagi warga tersebut.
“Pada pagi hari ini saya memberikan sedikit sembako untuk bapak dan ibu semuanya khususnya keluarga dari yang dikategorikan orang dalam pemantauan atau ODP yang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Semoga sembako yang kami berikan ini bisa dimanfaatkan” ungkap Sri Mulyani dihadapan perwakilan keluarga ODP, kepala desa dan gugus tugas RW.

Bantuan sembako tersebut bersumber dari Dana Siap Pakai (DSP). Distribusi tersebut dilakukan di Kecamatan Klaten Selatan, Klaten Tengah, Klaten Utara, Trucuk, Cawas, Bayat, Kalikotes, Wedi dan Ngawen. Setidaknya ada sekitar 26 orang yang terdiri dari perwakilan keluarga dari ODP tidak mampu, kepala desa, dan perwakilan gugus tugas RW yang hadir dalam kegiatan yang diadakan di kantor Kecamatan Klaten Selatan.

Sebagai tahap awal, hari ini armada truk dari BPBD Klaten dan BNPB turut dikerahkan untuk mengangkut bantuan paket sembako bagi 517 warga di 9 kecamatan. Selanjutnya, distribusi bantuan sembako maupun logistik dari Pemkab Klaten tersebut akan dilakukan melalui pihak desa dan gugus tugas tingkat RW.

Sri Mulyani meminta pada gugus tugas RW agar selalu aktif berpartisipasi dalam pendistribusian logistik, bantuan sembako dan sebagainya kepada masyarakat di daerahnya. Pihaknya pun berpesan agar kepala desa dan gugus tugas RW tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dalam melaksanakan tugasnya di masyarakat.

“Gugus tugas tingkat RW juga dalam menjalankan tugas harus selalu menjaga kesehatan. Kita mengabdikan diri untuk masyarakat sekitar, khususnya dalam distribusi logistik. Petugas cukup  ketuk pintu dan tidak kontak langsung. Tentunya kita berupaya patuh protokol kesehatan ” pesan Sri Mulyani.

Camat Klaten Selatan, Joko Hendrawan merinci bahwa bantuan sembako ini lebih mengutamakan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Bantuan sembako ini terdiri dari beras  5 kg, telur, dan minyak Goreng. Di Kecamatan Klaten Selatan sendiri ada 54 paket sembako yang dibagikan secara simbolis oleh Bupati Klaten. Selanjutnya dalam pendistribusian sembako ke masyarakat secara aktif akan melibatkan gugus tugas tingkat RW setempat” jelas Joko Hendrawan

Penulis Joko Priyono dan Bambang Setyomoko Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 214 kali

Comments are closed.