Bappeda Bakal Patenkan Aquabantik Milik Hartono Asal Prambanan Klaten

KLATEN – Kreasi aquarium menggunakan bahan ban mobil bekas yang dinamakan Aquabantik milik Hartono (52) warga Cabaan, Prambanan oleh Badan Perencanaan Pengembangan dan Penelitian Daerah (Bappeda) Klaten bakal dipatenkan untuk memberikan perlindungan produk dan kepastian hukum.
Langkah ini dilakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah atas inovasi dan kretifitas warga Klaten agar diakui sebagai hak kekayaan yang harus dilindungi dari persaingan usaha yang tidak sehat.
Hartono mengaku sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas perhatian dari Pemerintah Kabupaten Klaten atas produk buatannya.

“Kami mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan Pemerintah Kabupaten Klaten untuk pengurusan hak paten temuan saya ini. Kebetulan beberapa media juga banyak yang meliput. Terima kasih pemerintah dan para media” ujar Hartono melalui rilis yang diterima Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten (Kamis, 25/03/21).

Kepala Bappeda Klaten Sunarna melalui Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, Pengendalian dan Evaluasi (PPPE) Bappeda Kabupaten Klaten M. Umar Said kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten menyampaikan beberapa waktu lalu Bupati Klaten telah melakukan kunjungan usaha aquabantik milik Hartono di Dusun Cabaan,Sengon, Prambanan, Klaten yang ditindak-lanjuti dengan pendampingan.

Baca Juga:  Talk Show Virtual, Special Hari Kartini "Perempuan Di Garda Depan Pembangunan"

“Usaha Aquabantik saat ini sedang viral di media sosial. Pemerintah melalui Bappeda Klaten wajib melakukan pendampingan agar inventor memiliki perlindungan hukum atas produknya. Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Klaten akan melakukan pendampingan dalam pengurusan hak paten ini. Kami sudah menjalin kordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk pengurusan hak paten aquabantik ” kata Umar.

Kabid PPPE menambahkan kalau Bappeda Klaten juga sedang mengadakan Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) yang bisa diikuti seluruh warga masyarakat Kabupaten Klaten. Harapannya lomba krenoova ini dapat menjaring inovasi seperti aquabantik yang ada di Kabupaten Klaten.

”Bagi warga yang berminat mengikuti Lomba Krenova masih ada kesempatan untuk mendaftar, informasi lebih lanjut bisa dikunjungi tautan berikut http://bit.ly/KRENOVA. “ pungkasnya.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 100 kali

Comments are closed.