Bappedalitbang Berikan Penghargaan Bagi Tiga Desa Pengelolaan Data Terbaik di Klaten

KLATEN-Badan Perencanaan Pembangungan Daerah Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA LITBANG) Kabupaten Klaten menyerahkan penghargaan untuk tiga desa pengelola data terbaik di Kabupaten Klaten.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Joko Purwanto bersama Kepala Bappedalitbang, Pandu Wirabangsa menyerahkan penghargaan secara langsung kepada Juara I Desa Soka Karangdowo, Juara II Desa Titang Jogonalan, dan Juara III Desa Temuireng Jatinom, dalam acara Workshop Membangun Desa Dengan Data, Selasa (14/11/2023) di Pendopo Setda Kabupaten Klaten.

Dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Badan Pusat Statistik (BPS), Kepala Bappedalitbang, Kepala Diskominfo Klaten, Perwakilan Kecamatan dan Pemerintah Desa.

Dalam sambutan Bupati Klaten yang diwaikili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Joko Purwanto secara simbolis membuka workshop tersebut.

Joko menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk dapat tercapainya tujuan pemerintah untuk membangun desa dengan satu data. “Desa dan kelurahan tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan. Saat ini di desa terdapat berbagai sistem aplikasi yang berasal dari berbagai Kementerian pusat, Juga dari daerah, dan aparat desa sebagai narasumber atau produsen produsen data dari berbagai sistem aplikasi tersebut seharusnya bisa memiliki Data yang lengkap dan akurat,” terangnya.

Baca Juga:  KPU Klaten Gelar Rekapitulasi Hasil Pemilu, Terbuka Untuk Umum

Joko memaparkan dilaksanakannya kegiatan workshop tersebut salah satu perwujudan amanat undang undag nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, BPS berkewajiban untuk melakukan pembinaan statistik kepada lembaga atau perangkat daerah, dengan hal ini Bappeda melakukan pembinaan statistik secara sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.

“Semoga dengan dilaksanakannya workshop ini dapat menambah wawasan dan kepedulian kita terhadap data. Semoga ke depannya kita dapat menghasilkan dan menyajikan data yang akurat sehingga dapat dimanfaatkan secara luas oleh semua pihak khususnya untuk pembangunan di Kabupaten klaten yang kita cintai,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Bappedalitbang Kab. Klaten, Ismet Basuki Cahyono melaporkan tujuan penyelenggaraan workshop membangun desa dengan data. “Workshop ini untuk mewujudkan ketersedian data terpadu, terpusat, terintegrasi, data yang akurat, valid update, dan data yang bisa dipertanggungjawabkan serta bisa disebarluaskan kepada masyarakat dan stakeholder terkait,” kata Ismet.

Ia menyampaikan workhsop diikuti 600 orang yang dibagi dua sesi yakni tanggal 14 November dan 15 November 2023 dengan diikuti OPD, 13 perwakilan Pemerintah Kecamatan dan perwakilan Pemerintah Desa diwilayah tersebut di masing-masing sesi 300 orang. “Workhop ini juga menghadirkan tiga narasumber Kepala Bappedalitbang Pandu Wirabangsa, Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa, dan Badan Pusat Statistik, Sudarmadi,” pungkas Ismet.

Baca Juga:  Stabilkan Harga Pangan, Sri Mulyani Kembali Salurkan Bazar Pangan Murah di Kecamatan Prambanan dan Kebonarum

(ser-ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 63 kali

Comments are closed.