Baznas Klaten Bakal Optimalkan Potensi ZIS dari Kalangan ASN


KLATEN – Di tahun 2022 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Klaten akan mendorong pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS), lebih banyak dari kalangan ASN Klaten.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Pimpinan Baznas Klaten Wahyudi Martono kepada Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten, Senin (10/1/2022). Dikatakan kalangan ASN adalah sektor potensial sebagai pembayar zakat atau mustahik.

“Dalam catatan Baznas Klaten kalangan ASN atau perangkat daerah Klaten menyumbang 12% dari penyumbang zakat dan infak. Sedang Kementerian Agama ada di kisaran 42% dan yayasan jamaah haji sekitar 27% sisanya adalah lembaga, sekolah, BUMD dan perorangan,” jelasnya.

Terkait upaya optimalisasi ZIS ke depan, mantan pejabat Klaten itu mengatakan akan banyak berkoordinasi dengan pemangku kebijakan agar potensi mustahik dari kalangan ASN bisa ditingkatkan.

“Nanti melalui kepengurusan Baznas yang baru insyallah akan banyak bersilaturakhim dan beraudiensi dengan pemangku kebijakan di Pemkab Klaten agar ada terobosan-terobosan dalam pengumpulan ZIS di Klaten khusus. Komitmen itu yang ingin kami bangun,” tambahnya.

Dari sisi pentasyarufan atau penyaluran, Wahyudi Martono menerangkan Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural selalu bersinergi dengan program kebijakan pemerintah. Dua permasalahan yang selama ini dilakukan Baznas Klaten salah satumya adalah penanganan kemiskinan dan dampak covid bagi masyarakat.

Baca Juga:  Cegah Stunting, Klaten Ikuti Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak

“Baznas Klaten akan selalu mencoba menyelaraskan dengan program dan kegiatan pemerintah. Misalnya kemarin Baznas ikut membantu program pengentasan kemiskinan dengan membangun bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 50 warga miskin masing-masing senilai 10 juta. Ada juga program bea siswa bagi anak yatim piatu korban covid 19,” tambahnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten, ZIS yang terkumpul dari Baznas Klaten 2021 adalah 4,4 milyar. Dana tersebut dari zakat terkumpul Rp 3.655.184.691,00 dan sumber infak mencatat pembukuan Rp 765.046.105,00.

Saat ini Baznas Klaten saat ini berkantor di kompleks Masjid Raya Klaten. Untuk Layanan ZIS dan konsultasi dapat menemui petugas dari Senin sampai Jumát mulai jam 07.30 – 16.00 WIB.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 67 kali

Comments are closed.