Bentuk Apresiasi Terhadap Dunia Usaha, Pemkab Klaten Gelar CSR Award

Senin malam, Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Bappeda Litbang Kabupaten Klaten menggelar CSR Award dan Pengukuhan Pengurus Forum CSR Kabupaten Klaten Masa Bakti 2022-2025, (31/10/2022). Kegiatan CSR Award yang telah digelar tiga kali tersebut turut dihadiri oleh Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Asisten, Kepala OPD Kabupaten Klaten, Camat, dan tamu undangan lain di Pendopo Pemerintah Kabupaten Klaten.

Plt Bappeda Litbang Kabupaten Klaten, Pandu Wirabangsa menjelaskan CSR (tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan) di Kabupaten Klaten diarahkan untuk kesejahteran, kemakmuran dan kelestarian fungsi lingkungan hidup agar efektif dan selaras dengan prioritas pembangunan daerah. Guna mengapresiasi hal tersebut, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada perusahaan melalui pemberian penghargaan CSR Award di 6 bidang.

“CSR ini diarahkan untuk kesejahteran, kemakmuran dan kelestarian fungsi lingkungan hidup agar efektif dan selaras dengan prioritas pembangunan daerah. Forum CSR hadir dengan keterlibatan mitra pemerintah dan swasta untuk memotivasi dunia usaha agar terus meningkatkan peran aktif dan kontribusi dalam prioritas pembangunan pemerintah daerah, maka pemerintah layak memberikan apresiasi melalui pemberian penghargaan CSR Award di 6 bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang pemberdayaan ekonomi, bidang lingkungan hidup, bidang sosial dan bidang pembiayaan tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan terbesar,” jelas Pandu.

Lebih lanjut, Pandu menyampaikan CSR Award tahun 2022 merupakan kali ketiga Pemerintah Kabupaten Klaten memberikan apresiasi kepada dunia usaha. Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan partisipasi serta komitmen perusahaan dalam pembangunan daerah secara berkelanjutan.

Baca Juga:  Percepat Tangani Kebakaran, Klaten Luncurkan Smart Damkar

“CSR award ini merupakan kali ketiga dilaksanakan. Sebelumnya CSR Award pertama dilaksanakan tahun 2015, kemudian tahun 2018 dan seharusnya kami laksanakan tahun 2021 namun baru bisa terealisasi tahun 2022. Penghargaan CSR Award ini kami mulai dari penilaian terhadap 57 perusahaan yang menjadi anggota CSR. Hingga bulan September 2022, laporan aktif baru dilakukan oleh 35 perusahaan yang belum melaporkan ada 16 perusahaan,” imbuhnya.

Direktur Utama PT BPR Bank Klaten (Perseroda) selaku Ketua Forum CSR Kabupaten Klaten Periode Tahun 2022-2025, Tulus Yunianto dalam sambutannya menyampaikan harapannya semoga melalui forum CSR tersebut Kabupaten Klaten dapat semakin maju, mandiri dan sejahtera.

“Tujuan dari Forum CSR ini adalah mensukseskan program pemerintah daerah dan masyarakat. Dengan dikukuhkannya pengurus forum tadi, saya memohon doa restu semoga kami dapat mengemban amanah ini dan dapat mengwujudkan apa yang diinginkan oleh Kabupaten Klaten. Dan kegiatan CSR Award ini dilakukan untuk mengapresiasi dan memberikan penghargaan dari pemerintah daerah kepada pelaku usaha yang harapannya kerjasama tetap terjalin dan kegiatan-kegiatan selanjutnya dapat berjalan dengan baik,” ungkap Tulus.

Baca Juga:  Upacara Peringatan HUT KORPRI, Bupati: Integritas SDM Jadi Kunci Reformasi Birokrasi

Pada kesempatan yang sama, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan forum CSR Kabupaten Klaten telah banyak membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan, mengurangi angka pengangguran serta menyejahterakan masyarakat. Terakhir, dirinya berharap semoga forum CSR Kabupaten Klaten dapat semakin solid dan terus berkontribusi membangun Kabupaten Klaten.

“Saya bangga dan bersyukur Klaten memiliki forum ini. Forum CSR Klaten telah banyak membantu pemerintah daerah dalam hal mengentaskan kemiskinan, mengurangi angka pengangguran serta menyejahterakan masyarakat. Semoga forum ini dapat terus terjaga solidnya, kompaknya, gotong royongnya demi membangun dan mewujudkan visi misi Kabupaten Klaten. Dan tadi yang mendapatkan penghargaan, saya ucapkan selamat dan sukses. Semoga kita semua dapat terus bersinergi dan seluruhnya dapat berpartisipasi dalam membangun Klaten,” tutur Sri Mulyani. (Doc/Rilis/Prokopim-Klt)

telah dibaca: 79 kali

Comments are closed.