Berikan Pendidikan Antikorupsi Sejak Dini, Pemkab Klaten Launching Program Matur Jujur

Klaten – Komitmen anti korupsi dari Pemkab Klaten terbukti dari diresmikannya program Matur Jujur untuk pelajar SD dan SMP di Kabupaten Klaten pada Kamis, 2 Mei 2019 di Gor Klaten. Dihadiri Forkompimda Klaten, Pelajar SD dan SMP. Turut hadir Staf Fungsional Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Daniel Rustandi.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyampaikan bahwa program Buku Matur Jujur ini diharapkan mampu mengurangi ketergantungan anak pada gadget, sekaligus membiasakan para pelajar untuk berperilaku jujur dari hal kecil sejak dini. Seperti mengisi buku diary atau buku harian dengan jujur setiap hari.

“Harapan dari program Matur jujur yaitu jadikan sosok pribadi anak-anak kita semua menjadi pribadi yang dapat dipercaya dalam segala hal, menjadi pribadi yang percaya diri, tanggung jawab dan amanah tentunya, tidak was-was dalam menghadapi masalah yang ada dengan tentunya manfaat jujur ini akan mendatangkan kebaikan menghindarkan diri dari segala tindakan perbuatan yang tercela” Lanjut Hj Sri Mulyani.

Hj Sri Mulyani menambahkan tujuan program buku matur jujur menanamkan kepada putra-putri siswa SD dan SMP berakhlaq mulia, berkarakter jujur, membudayakan perilaku hidup jujur, selalu terbuka, menanamkan sifat jujur sedini mungkin kepada para siswa agar kedepan mampu menjadi pemimpin menjadi orang-orang yang hebat dan jujur serta anti korupsi.

Staf Fungsional Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Daniel Rustandi mengapresiasi atas apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Klaten dalam upaya pencegahan tindak korupsi sejak dini. Dikatakannya bahwa Upaya untuk memberantas korupsi dilakukan melalui 3 hal, yaitu penindakan hukum, perbaikan sistem, dan pencegahan. Dalam hal pencegahan bisa dilakukan melalui pendidikan. Seperti melalui program Buku Matur Jujur.

“Indonesia yang bebas dari korupsi merupakan cita-cita bersama. Karena itu, upaya untuk memberantas korupsi di Indonesia terus dilakukan oleh para pemangku kepentingan.” tutur Daniel

Daniel menambahkan dengan program Buku Matur Jujur ini nantinya bisa membiasakan para pelajar untuk berperilaku jujur dari hal terkecil. Sehingga nantinya jika anak-anak ini sudah dewasa dan menjadi penyelenggara negara, perilaku jujur yang telah terbangun sejak kecil itu bisa menjadi modal untuk berperilaku jujur dan jauh dari tindakan korupsi.

Buku Matur Jujur ini akan diberikan gratis kepada para pelajar. Nantinya, para pelajar mendapat “tugas tambahan” yaitu menuliskan kegiatan mereka setiap hari dengan jujur. Sehingga diharapkan kelak mereka akan menjadi anak-anak yang jujur. Seperti yang dipesankan Bupati Klaten: Anak jujur akan mujur. Acara dimulai pukul 10.00 wib dan selesai pukul 11.30 wib.

telah dibaca: 75 kali

Comments are closed.