BPBD Bekali Relawan Daerah, Jadi Agen Pencegahan Covid-19

KLATEN- Relawan memiliki peran penting kaitannya dengan upaya mitigasi dan penanggulangan suatu bencana. Dengan adanya bencana non alam Covid-19 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten memberikan pembekalan agar para relawan dapat secara optimal dalam berperan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di daerah.

Kegiatan pembekalan yang bertajuk sosialisasi Peran Relawan Penanggulangan Bencana dalam Pencegahan dan Penanganan Covid-19 tersebut dilaksanakan pada Jumat (3/4) di Kantor BPBD Klaten dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Klaten. Pembekalan ini akan dilakukan pada perwakilan relawan daerah di Kabupaten Klaten, dengan terbagi menjadi 3 gelombang dan disetiap gelombang diikuti sekitar 15 orang.

“Para relawan yang ada ini agar jadi garda terdepan relawan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di desa. Maka dari itu kita akan bekali terkait protokol pencegahan Covid-19 dan pedoman langkah-langkah yang harus diambil, sehingga mereka mampu mengedukasi dan memberi pemahaman yang benar pada masyarakat” ungkap Sekretaris BPBD Klaten, Nur Cahyo

Pihaknya menyebutkan bahwa setiap desa wajib membentuk relawan desa lawan Covid-19, maka relawan harus membantu pemerintah desa dalam segala upaya pencegahan dan pemanganan pandemi tersebut. Bekerjasama dengan Gugus Tugas PP Covid-19 tingkat desa, relawan diharapkan terlibat dalam membuat pusat informasi desa terkait pandemi ini. Selain itu, para relawan diminta untuk melakukan sosialisasi, pendataan, membantu pengelolaan logistik, dan membantu dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Dengan berbekal pengetahuan yang disampaikan Dinkes Klaten, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan bagi para relawan agar dapat meneruskan ke desa, ke masyarakat, karena saat ini masyarakat membutuhkan hal tersebut” terang Kepala BPBD Klaten, Sip Anwar yang turut hadir dalam pembekalan pagi itu.

Apresiasi atas kesiapan relawan dalam penanggulangan bencana ini juga disampaikan oleh Dinas Kesehatan Klaten. Kepala Seksi Surveilans Karantina Kesehatan dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit P2P Dinkes Klaten, Mentes Hartanti merasa terbantu dengan peran relawan ini, nantinya masyarakat dapat menerima arahan dan informasi yang benar sehingga tidak menimbulkan kepanikan.

” Kami terbantu sekali dengan adanya pertemuan ini, sehingga kami harapkan informasi dari Dinas Kesehatan dan BPBD Klaten dapat disampaikan ke masyarakat, serta dapat mempercepat pencegahan dan penanganan Covid-19. Kami harapkan setelah para relawan mendepatkan materi ini, maka dapat menyampaikan informasi dan arahan yang benar pada masyarakat sehingga tidak menimbulkan kepanikan” harap Mentes Hartanti

Penulis Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 324 kali

Comments are closed.