Buka Rakoorlak Triwulan I 2023, Bupati Klaten Minta Optimalisasi Penggunaan Anggaran

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan (Rakoorlak) untuk triwulan I tahun anggaran 2023 di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Selasa (9/5/2023). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Dalam sambutannya, Bupati meminta untuk meningkatkan optimalisasi penggunaan anggaran. Sehingga diharapkan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Klaten dapat tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran, dan tepat guna.

“Rakoorlak ini merupakan kebutuhan yang diharapkan Kepala OPD atau pengguna anggaran wajib hadir karena rakoor ini dilaksanakan guna mengevaluasi dan mencari solusi dari suatu permasalahan. Jangan jadikan rakoorlak ini rutinitas saja. Harapan saya ini dapat menghasilkan kegiatan yang positif dan lebih baik dari segi mutu, waktu, sasaran dan manfaatnya. Saya ingin OPD melakukan penyerapan anggaran secara maksimal agar roda perekonomian bergerak dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” ungkap Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut, ia juga meminta seluruh pengguna anggaran untuk terus berbenah agar tidak muncul permasalahan pada penggunaan anggaran. Bupati juga meminta kepada OPD untuk tidak segan mengevaluasi pelaksanaan penggunaan anggaran agar dapat dioptimalkan demi pembangunan di Kabupaten Klaten.

Baca Juga:  Temui Puput TKW yang Kritis di Dubai, Bupati Klaten Beri Bantuan Rp 10 Juta

“Waspadai kesalahan yang sama di tahun sebelumnya atau kesalahan yang berulang. Evaluasi permasalahan yang muncul, silahkan belajar dari daerah lain yang penggunaan anggarannya lebih baik jika memang diperlukan dengan catatan untuk memperbaiki sistem dalam penggunaan anggaran daerah yang lebih optimal,” katanya.

Pada laporannya, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Klaten, Sri Purwanto melaporkan bahwa maksud dan tujuan dari diselenggarakannya rapat koordinasi tersebut adalah untuk memaparkan pelaksanaan program kegiatan di Triwulan I. Ia menjelaskan sebelum diselenggarakan rakoorlak, terlebih dahulu dilaksanakan desk pengendalian guna merinci permasalahan sehingga ketika rakoorlak dapat dicari solusi dari permasalahan tersebut.

Lebih lanjut, Sri Purwanto mengingatkan kepada seluru pengguna anggaran untuk lebih berkoordinasi, melaksanakan program sesuai dengan apa yang direncanakan.

“Karena sudut deviasinya cukup tinggi, maka saya mengingatkan penguna anggaran untuk lebih aktif berkoordinasi, lakukan kegiatan yang sudah direncanakan, jika kegiatan tidak dilaksanakan maka dapat diturunkan targetnya,” jelas Sri Purwanto.

(ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 74 kali

Comments are closed.