Bupati dan Relawan Gotong-Royong Semprotkan Disinfektan di Masjid Al Aqsa Klaten

KLATEN – Penyebaran kasus covid 19 tidak saja menggugah kewaspadaan, tapi juga menumbuhkan jiwa kegotong-royongan. Semangat itu tampak, tidak saja dilakukan jajaran TNI, Polri, petugas PMI, Damkar, SAR, Orari, Dinas Kesehatan bahkan para relawan tangguh bersama Bupati Klaten Sri Mulyani terlihat kompak bahu-membahu membersihkan Masjid Al Aqso Klaten Kamis pagi, (19/03/20) dengan menyemprotkan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona.
Sebanyak 70 petuas dari berbagai unsur lengkap dengan cairan disinfektan alat pelindung diri yang berkumpul di kompleks Masjid Al Aqso Klaten. Penyemprotan ini dilakukan menyebar di beberapa fasilitas umum, pasar dan sekolah. Bupati Klaten Sri Mulyani pun tak mau ketinggalan untuk memberi semangat petugas, menggendong cairan pembasmi kuman dan virus itu untuk disemprotkan di beberapa sudut masjid.
“Klaten saat ini waspada corona. ASN Klaten telah kami melarang untuk melakukan perjalanan dinas luar daerah. Untuk pencegahan dan penyebarannya hari-hari ke depan pemerintah akan menggalakan penyemprotan cairan disinfektan seperti hari ini dilakukan di kompleks Masjid Al Aqso Klaten” jelas Sri Mulyani.
Dia menambahkan untuk upaya penyemprotan akan dilakukan meluas. Terutama di pasar-pasar dan fasilitas umum lainnya seperti tempat layanan publik dan sekolah. Untuk anak-anak sekolah Bupati Klaten menekankan untuk melaksanakan pembelajaran on line dan tetap berada di rumah.
Sedangkan salah satu pengurus Masjid Al Aqso Klaten Iskandar saat mendampingi Bupati Klaten Sri Mulyani di momen penyemrotan disinfektan menjelaskan telah mengambil langkah penting sesuai himbuan pemerintah salah-satunya menggulung karpet masjid.
“Bagi jamaah Masjid Al Aqso Klaten tidak diberikan alas karpet. Sejak ada himbaun pemerintah untuk menggulung karpet, petugas langsung oleh takmir masjid menggulung karpet. Selain itu dilakukan pembersihan juga dilakukan secara menyeluruh, terutama ruang induk masjid. Untuk tempat – tempat wudlu dan kamar mandi serta toilet oleh takmir masjid disiapkan sabun cair” jelas Iskandar.
Selanjutnya Iskandar menjelaskan dengan penyemprotan ini sangat bermanfaat bagi jamaah termasuk bukti kuat pemerintah bersunggu-sungguh untuk mencegah penyebaran covid 19. Tapi penjagaan diri perilaku hidup bersih dan sehat itu lebih penting.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 90 kali

Comments are closed.