Bupati Ikrarkan Klaten Mandiri Pangan

KLATEN – Sebagai daerah penunjang pangan nasional, Kabupaten Klaten menjadikan pertanian sebagai sektor unggulan. Berbagai program pertanian nasional pun banyak diimplikasikan di Kota Bersinar.

Besarnya atensi terhadap sektor pertanian di Klaten, Bupati Klaten Sri Mulyani pun mengikrarkan Klaten mandiri pangan. Ikrar tersebut sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dalam membangkitkan produksi pangan lokal.

Menurutnya sektor pertanian di Kabupaten Klaten memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan pertanian tidak hanya di Jawa Tengah namun juga nasional. Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka Agro Expo Pertanian Kontak Tani Nasional Andalan (KTNA) Klaten di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Klaten, Rabu (2/11/2022).

“Klaten terkenal sebagai lumbung pangan, lumbung berasnya di provinsi Jawa Tengah ataupun nasional. Kerena itu patut kita perjuangkan ketersediaan pangan khususnya beras di Kabupaten Klaten, agar kita bisa memenuhi kebutuhan pangan lokal, Jawa Tengah, dan nasional. Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Klaten dalam pembangunan tanaman pangan untuk tetap melanjutkan dan menyempurnakan program yang telah ada untuk ditingkatkan,” paparnya.

Baca Juga:  Tumbang di Kandang, Kabupaten Klaten gagal di Porprov Jateng 2022

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi expo yang diikuti 26 KTNA kecamatan se-Klaten tersebut. Ajang ini merupakan kesempatan kelompok petani untuk mengeksplorasi produk pertanian potensial.

“Mari kita sukseskan acara agro expo pertanian ini, semoga para petani yang hadir betul-betul membawa hasil yang menggembirakan sehingga nanti dapat membawa terobosan inovasi yang tentunya bisa diterapkan di wilayah bapak ibu semuanya dan dengan hadirnya expo ini dapat menambah pengetahuan untuk bapak ibu semuanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Klaten, Maryanto menyampaikan melalui kegiatan ini, KTNA Klaten bermaksud untuk memfasilitasi KTNA kecamatan untuk mempromosikan produk pangan dan pertanian unggulan di masing-masing wilayah. Sekaligus mendukung ketahan pangan Kabupaten Klaten.

“Kami KTNA Klaten di tahun 2023 agar dapat tetap bisa berekspresi, berkolaborasi, dengan kebijakan Bupati, Wakil Bupati dan Dinas Pertanian,” ungkapnya.

(nin-ang/Kominfo-klt)

KTNA (4)
KTNA (3)
KTNA (5)

telah dibaca: 88 kali

Comments are closed.