Bupati Imbau Natal 2021 Dirayakan Sederhana

KLATEN – Meski angka kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten sudah terkendali, namun masyarakat diimbau tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pun dalam perayaan hari raya Natal yang akan segera digelar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengimbau masyarakat merayakan secara sederhana dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Imbauan tersebut tertuang dalam Instruksi Bupati Klaten Nomor 25 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 tertanggal 14 Desember 2021. Dalam aturan tersebut termaktub untuk pelaksanaan ibadah dan peringatan hari raya Natal 2021, dalam pelaksanaannya diatur dengan ketentuan sebagai berikut;

Lantaran hari raya Natal ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, ibadah sekaligus peringatannya digelar secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Serta hendaknya lebih menekankan persekutuan di tengah-tengah keluarga dan dilaksanakan di ruang terbuka.

Sementara, apabila harus dilaksanakan di gereja, maka ibadah dan peringatan Natal diselenggarakan secara hybrid atau secara kolektif di gereja dan secara dari dengan tata ibadah yang telah disiapkan para pengurus dan pengelola gereja. Dengan jumlah umat yang dapat mengikuti ibadah dan peringatan Natal tersebut tidak melebihi 50 persen dari kapasitas ruangan atau 50 orang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Baca Juga:  Membuka Sosialisasi Pancasila, Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Nilai-Nilai Pancasila

Pihak pengurus dan pengelola gereja juga diminta untuk mengatur rute masuk dan keluar yang jelas sehingga tidak terjadi penumpukan umat yang hadir. Selain itu semua umat yang hadir menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada saat masuk dan keluar gereja, serta hanya yang berkategori hijau dan kuning yang diperkenankan masuk dan menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama.

Khusus untuk jemaat yang berusia 60 tahun ke atas dan ibu hamil/menyusui disarankan mengikuti ibadat di rumah. Selain itu, tidak diperkenanka mengadakan jamuan makan bersama. Aturan tersebut juga selaras dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 31 Tahun 2021.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 64 kali

Comments are closed.