Bupati Klaten Serahkan Bantuan Atensi Kemensos Kepala Kelompok Rentan

Sentra terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Kemensos di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Klaten, Senin (07/11/2022). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, Kemensos, Asisten, Kepala OPD Kabupaten Klaten, dan tamu undangan lain.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan HIV Aids menjadi masalah serius bagi dunia, tak terkecuali Kabupaten Klaten. Tercatat hingga september 2022, kasus HIV Aids di Kabupaten Klaten terdapat 1.271 kasus yang didominasi laki-laki 67% sedangkan perempuan 33%. Dirinya menambahkan untuk usia rentan berada di usia 25-49 tahun sebanyak 816 kasus.

“HIV Aids ini menjadi masalah serius ya. Di Klaten sendiri sampai bulan september 2022 ada 1.271 kasus yang didominasi oleh laki-laki sebanyak 67%, usia rentannya ada di usia 25-49 tahun sebanyak 816 kasus dan ODHA On ART 31%. Di lihat dari tahun ke tahun sebenarnya menurun, tapi belum signifikan. Namun ini perlu perhatian bersama dari pemerintah dan masyarakat, khususnya Kabupaten Klaten,” tutur Bupati.

Selanjutnya, Bupati juga menyampaikan bahwa untuk memerangi HIV Aids tersebut, Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Komisi Penanggulangan Aids (KPA) telah melakukan beberapa upaya. Upaya yang dilakukan seperti memberikan sosialiasi, penertiban dan pendampingan. Dirinya meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersama mendukung upaya pemerintah memerangi HIV Aids, khususnya di Kabupaten Klaten.

Baca Juga:  Peringatan HAU dan HDI: Dissosp3appkb Luncurkan Layanan Online Katca Ketawa

“Dalam hal ini Pemkab Klaten telah melakukan berbagai upaya. Melalui KPA kita sosialisasi, tertibkan dan melakukan pendampingan kepada ODHA. Saya harap masyarakat bisa bersama-sama mendukung untuk memerangi dan menyadarkan bahaya dari HIV Aids ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Proboretno Kuncororini mewakili Sentra terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta menjelaskan sentra terpadu Prof. Dr. Soeharso tersebut merupakan pelayanan teknis dari Kementerian Sosial RI. Dirinya menyampaikan Kemensos melalui sentra terpadu Prof. Dr. Soeharso menyerahkan bantuan kepada 100 orang penerima manfaat dengan rincian bantuan wirausaha 65 penerima, kebutuhan dasar 21 penerima, bantuan nutrisi dan peralatan sekolah 24 penerima.

“Sentra ini merupakan PT unit pelayanan teknis dari Kemensos. Sentra ini di bagi menjadi wilayah kerja, dan Klaten termasuk wilayah di unit pelayanan Sentra terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Ini nanti kami akan menyerahkan bantuan kepada 100 penerima manfaat dengan total bantuan Rp 225.548.600,-. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi penerimanya,” ucapnya. (Doc/Rilis/Prokopim-Klt)

telah dibaca: 62 kali

Comments are closed.