Bupati Serahkan SK Desa Wisata Kepada Desa Kalikotes

Sabtu pagi, Desa Kalikotes gelar kegiatan Srawung Budaya Kalikotes Menyulam Silam di Bumi Perkemahan Tirta Mulya, Kalikotes (05/11/2022). Kegiatanyang dimeriahkan dengan Festival Jenang, Bedah Buku Asal Usul Desa Kalikotes, Pentas Seni Reog, Bazar UMKM, serta Umbul Dongo tersebut turut dihadiri oleh Bupati klaten, wakil bupati klaten, ketua tp pkk kabupaten klaten, asisten, kepala opd kabupaten klaten, forkopimcam, kepala desa dan tamu undangan lain.

Kepala Desa Kalikotes, Ponidi menyampaikan kegiatan Srawung Budaya Kalikotes merupakan rangkaian dari Launching Desa Wisata dan juga merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda serta Hari Pahlawan tahun 2022. Dirinya berharap semoga dengan di launchingnya desa wisata tersebut, Desa Kalikotes dapat memberikan sumbangsih pembangunan bagi negara.

“Srawung Budaya Kalikotes ini merupakan rangkaian kegiatan launching desa wisata yang pada kesempatan ini Desa Kalikotes ditunjuk sebagai desa rintisan wisata. Kegiatan ini juga dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2022. Kegiatan ini nanti akan menampilkan bedah buku asal usul Desa Kalikotes, festival jenang, malamnya ada Umbul Dongo dari Keraton Surakarta, dan puncaknya akan dilakukan besuk yaitu dengan pentas seni reog,” jelas Kades Kalikotes.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan dukungan dan apresiasinya kepada Desa Kalikotes atas dilaunchingnya desa wisata di Bumi Perkemahan Tirta Mulya. Selain melaunching, Bupati mengungkapkan bahwa dirinya juga menyerahkan SK Desa Wisata kepada Desa Kalikotes.

Baca Juga:  Percepat Tangani Kebakaran, Klaten Luncurkan Smart Damkar

“Alhamdulillah, hampir seluruh desa di Klaten sudah membentuk bumdes. Kurang lebih ada 391 bumdes sudah tersebut, dan saya harap desa lainnya yang belum membentuk bumdes bisa segera membuatnya bumdesnya agar bisa membantu pemerintah menekan angka kemiskinan dan angka pengangguran. Ini tadi saya sudah menanam dan menamen sayur dengan cara hidroponik dilanjut dengan meninjau UMKM. Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini,” ungkap Bupati.

Selanjutnya, Bupati berharap dengan diresmikan dan diserahkan SK Desa Wisata semoga desa wisata Bumi Perkemahan Tirta Mulyani dapat ramai dikunjungi masyarakat. Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kalikotes untuk senantiasa menjaga serta merawat desa wisata tersebut.

“Dengan kita resmikan dan serahkan SKnya ini, semoga desa wisata Bumi Perkemahan Tirta Mulya dapat ramai dikenal dan dikunjungi masyarakat. Dijaga keamanannya, kebersihannya dan dirawat dengan baik. SK ini susah didapatkan, tidak mudah, tolong ini saya sudah serahkan SK maka seluruh masyarakat perlu mendorong,” tuturnya. (Doc/Rilis/Prokopim-Klt)

 

telah dibaca: 39 kali

Comments are closed.