Candi Plaosan Jadi Situs Sejarah Terpopuler Kedua Ajang API 2019

KLATEN – Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 menobatkan obyek wisata Candi Plaosan sebagai Situs Sejarah Terpopuler Kedua. Candi yang terletak Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah itu menempati urutan kedua setelah situs sejarah Istana Sri Singamangaraja di Kabupaten Hambung Hasundutan, Sumatra Utara yang menempati urutan pertama.
Penghargaan diserahkan langsung di acara Malam Penganugerahan API 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf RI, Jakarta Pusat, Jumat malam (22/11/19) oleh Staf Ahli Bidang Multikultur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Guntur Sakti kepada Bupati Klaten Sri Mulyani yang didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Klaten Wahyu Prasetyo.
“Alhamdulillah, semua ini untuk Klaten Keren. Juara 2 kategori situs sejarah terpopuler Candi Plaosan. Terima kasih semua atas kerja kerasnya. Yuk wisata ke Klaten” kata Sri Mulyani melalui akun twitter yang diunggah sesaat setelah menerima penghargaan.
Wahyu Prasetyo menambahkan ajang API 2019 menjadi sarana promosi bagi destinasi wisata yang dikelola pemerintah maupun swasta.
“API 2019 digelar oleh PT Ayo Jalan Jalan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Tidak mudah ikut di ajang API. Untuk meraih penghargaan API, Pemkab Klaten melalui Disparbudpora Klaten mengikuti berbagai tahap. Mulai dari pendaftaran, seleksi nominasi, pembukaan vote, promosi dan kampanye pariwisata Indonesia, roadshow dan sosialisasi” kata Wahyu Pasetyo saat dikonfirmasi (Sabtu, 23/11/19).
Wahyu menambahkan, ada 18 kategori penghargaan API 2019 meliputi Objek Wisata Belanja Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Tujuan Wisata Terpopuler, Situs Sejarah Terpopuler, Objek Wisata Unik Terpopuler, Surga Tersembunyi Terpopuler, Dataran Tinggi Terpopuler, Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler. Selain itu Wisata Air Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Cinderamata Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, Wisata Halal Terpopuler, Festival Pariwisata Terpopuler, Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, dan Wisata Kreatif Terpopuler.
“Harapannya dengan penghargaan ini bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Klaten, khusus Candi Plaosan yang indah” ajak Wahyu.

Penulis Joko Priyono, Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 50 kali

Comments are closed.