Car Free Day Klaten Kembali Digelar, Lokasi Pindah di Jalan Mayor Kusmanto

KLATEN – Car Free Day kembali digelar di Kabupaten Klaten, mulai Minggu (03/07/2022). Semula Car Free Day dilaksanakan di Jalan Pemuda, akan berpindah ke Jalan Mayor Kusmanto.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Klaten, Nunung Wahyu Dwiningsih menyampaikan lokasi Car Free Day tepat diantara simpang empat Pandanrejo sampai dengan simpang lima Bramen pada pukul 05.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB.

Nunung mengungkapkan setelah terhenti dua tahun, car free day saat ini akan dibagi menjadi beberapa segmen. Segmen olah raga dan kesehatan dari simpang tiga Jalan Mayor Kusmanto tiga (depan Inspektorat) sampai dengan SPBU Jalan Mayor Kusmanto. Kemudian segmen seni budaya dan entertainment dari SPBU Mayor Kusmanto sampai simpang empat Jalan Noroyono (depan kantor KPU), dan segmen pendidikan atau edukasi dari depan kantor KPU sd Thalia Skincare (samping swalayan metro).

“Pengaturan untuk PKL, paving sisi barat diperuntukkan untuk kuliner dan paving sisi timur diperuntukkan untuk non kuliner.
Seperti car free day sebelumnya segala jenis kendaraan bermotor dilarang melintas,” jelasnya saat dihubungi Tim Diskominfo Klaten, Rabu (29/06/2022).

Baca Juga:  PS ASN Juarai Turnamen Sepak Bola Hari Jadi 218 Klaten

Ia menyebut untuk permainan dengan kapasitas atau volume besar dan kereta kuda dilarang beroperasi di area car free day.

Ia memapaparkan terkait dengan Lokasi parkir yang direncanakan, yaitu di ruas Jalan Mayor Kusmanto dari simpang empat Pandan Rejo sampai dengan simpang tiga Jalan Mayor Kusmanto tiga (depan inspektorat), dari simpang lima Bramen sampai Thalia skincare, dan seluruh ruas jalan akses masuk kampung seperti Jalan Parikesit, Jalan Noroyono, Jalan Noroyono satu, Jalan Bima, dan Jalan Sungkur.

“Dishub Klaten juga melakukan pengalihan arus, Jogja ke Solo dialihkan melalui Jalan Kartini dan Jalan Diponegoro. Dari Jogja ke Jatinom atau Boyolali dialihkan melalui patung Ki Nartosabdo melalui merapi resto arah ke ngupit. Dari Klaten kota ke Solo lewat simpang empat Pandanrejo melalui simpang empat Bareng ke kiri arah Solo.

Kemudian klaten kota ke Boyolali melalui simpang empat Pandanrejo lurus belok kiri melalui Bramen dan simpang empt Sangkalputung,”pungkasnya.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 1018 kali

Comments are closed.