Cegah Corona di Klaten, Petugas Semprot Tempat Umum Dengan Disinfektan

KLATEN – Mencegah penyebaran covid 19 atau Corona Virus Disease agar tidak berdampak luas bagi masyrakat disikapi cepat jajaran Pemkab Klaten dengan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa fasilitas umum. Salah satunya sasaran petugas adalah terminal Ir Sukarno persis berseberangan dengan Stasiun Klaten Rabu sore (18/03/20).
Petugas sebanyak 7 personil dari Dinas Kesehatan dibantu TNI dan Polri dipimpin langsung Sekretaris Daerah Klaten Jaka Sawaldi menyemprotan cairan pembunuh kuman dan vurus itu ke sejumlah sudut terminal. Dari tempat duduk tunggu penumpang, loket karcis sampai mushola tempat ibadah. Dengan alat pelindung diri yang ada dan dibalut masker, petugas menyasar sudut-sudut terminal yang dimungkinkan warga berkerumun. Kondisi yang terlihat sepi, membantu petugas melakukan proses penyemprotan.

Saat ditemui sewaktu penyemprotan di Terminal Ir. Soekarno (18/3) . H Jaka Sawaldi mengatakan penyemprotan dilakukan untuk mewujudkan Klaten yang bebas dari Virus Corona atau Covid-19.
“Penyemprotan ini sifat berkelanjutan. Sebelumnya juga sudah dilakukan penyemprotan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Sedangkan hari ini (Rabu, 18/03/20 kemarin-Red) dilakukan penyemprotan di terminal Ir. Soekarno. Selanjutnya petugas bergeser ke Polres dan Pengadilan Klaten. Semua tempat yang banyak kerumunan orang, kita semprot sebagai upaya pencegahan di seluruh tempat pelayanan umum” jelas Jaka Sawaldi.
Disisi yang lain, penyebaran virus corona berdampak pada pendapatan agen bus. Penurunan jumlah penumpang sebulan terakhir mencapai 50 persen.
“Setelah ada virus corona sehari hanya 5 atau 10 penumpang. Biasanya penumpang ada 20 orang. Dampak dari adanya virus Corona ini sangat terasa bagi agen bus. Biar pun begitu kami tetep buka” kata Agung Prabowo (40) salah satu pengelola agen bus di Terminal Ir Sukarno (18/03/20).
Agung menambahkan sangat bersyukur disinfektan disemprotkan di area Terminal, guna memutuskan mata rantai untuk matikan virus corona. Harapannya dengan upaya pemerintah ini penyebaran virus corona bisa dibatasi.

Penulis Dinas Kominfo Klaten

 

telah dibaca: 149 kali

Comments are closed.