Damkar Tiga Kabupaten Sinergikan Penanganan Kebakaran di Wilayah Perbatasan

KLATEN – Pemadam Kebakaran (Damkar) bersama Tim SAR Kabupaten Klaten mengadakan latihan gabungan dengan Damkar Kabupaten Boyolali dan Sukoharjo. Dalam latihan gabungan kali ini, ketiga kabupaten tersebut melakukan sinergitas dalam penanganan bencana kebakaran yang terjadi di wilayah perbatasan.

Hal itu dilakukan mengingat secara geografis ketiga kabupaten tersebut merupakan daerah yang bersebelahan, sehingga beberapa titik lokasi yang berada di perbatasan perlu mendapat perhatian dari Damkar tetangga guna mempercepat penanganan kebakaran. Termasuk peran dari tim SAR dan juga PMI.

“Di perbatasan Sukoharjo dengan Klaten ada Desa Serenan, Kecamatan Juwiring. Sedangkan di perbatasan Boyolali kita ada Kecamatan Tulung dan Jatinom. Secara jarak tempuh, di wilayah itu justru lebih cepat ditangani kabupaten tetangga,” ujar Wakil Komandan Bidang Operasional SAR Klaten, Irwan Santoso.

Sehingga, lanjut Irwan, dengan adanya latihan dan diskusi gabungan ini peran Damkar dalam mengatasi kebakaran bisa lebih terkoordinir dan terjadi sinergitas. Mulai dari penanganan kasus, cara mengevakuasi, hingga penyelematan dari ketinggian. Bahkan dalam hal ini pihaknya juga melakukan upaya dalam penyelamatan difabel.

Lebih lanjut diungkapkan, idealnya dalam suatu penangangan kebakaran seharusnya tidak hanya dilakukan oleh Damkar saja, melainkan juga melibatkan Tim SAR dan PMI. Artinya, ketiga instansi itu memiliki peran sendiri ketika terjadi kebakaran. Seperti penyelamatan korban hingga evakuasi korban menuju ke rumah sakit.

“Siapa yang akan menangani kebakaran itu, siapa yang akan menyelamatkan korban dan siapa yang akan merujuk korban ke rumah sakit itu semua ada peran sendiri-sendiri,” jelasnya.

Hanya saja, sampai saat ini pola penanganan seperti itu masih belum terpadu dengan baik, masih banyak yang kasus kebakaran di tangani mandiri oleh satu instansi. Diharapkan, dengan adanya latihan ini keseluruhan sudah bisa mulai menyamakan persepsi dan juga menyatukan kekuatan untuk mempercepat membantu masyarakat.

Baca Juga:  RKPD 2023 Difokuskan Untuk Penurunan Angka Kemiskinan

Sumber

telah dibaca: 99 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *