Dari Nglinggi Klaten, Kapolda Jateng Canangkan Kampung Siaga Candi Serentak

KLATEN – 401 desa di Kabupaten Klaten serentak mengikuti pencanangan Kampung Siaga Candi melalui video conference yang dikukuhkan langsung oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi yang berpusat di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten Senin (20/7).

Acara pencanangkan Kegiatan Kampung Siaga Candi, dihadiri Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro diwakili Danrem 074 Surakarta, Forkopimda Kabupaten Klaten, Kepala OPD Kabupaten Klaten, Perwakilan Camat, dan Kepala Desa.

“Kampung Siaga Candi ini merupakan salah satu alternatif dari krisis kesehatan dan ekonomi atas kekhawatiran masyarakat di tenggah pandemi Covid – 19” jelas Kapolda Jawa Tenggah Irjen Ahmad Luthfi saat ditemui usai peresmian Kampung Siaga Candi di Nglinggi Klaten.

Irjen Ahmad Luthfi berharap Kampung Siaga Candi ini menjadi solusi ditengah pandemi Covid-19 dan semoga pandemi Covid-19 cepat berakhir.

Ditambahkan pencangan Kampung Siaga Candi di Wilayah Klaten bertujuan untuk memastikan ketahanan pangan selama pandemi. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga bisa memutus mata rantai penularan virus Covid- 19.

Baca Juga:  Ini Persyaratan Siswa Bisa Naik Kelas

Selain itu Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan dipilihnya Desa Nglinggi sebagai pusat Kampung Siaga Candi dikarenakan desa ini telah memenuhi standar, patuh dalam menjalankan protokol kesehatan, mandiri dalam produksi bidang pangan, dan belum ada kasus positif Covid-19 di desa ini.

“Desa Nglinggi dipilih (lokasi pencanangan) karena desa ini belum ditemukan kasus positif” kata Sri Mulyani.

Pencanagan Kampung Siaga Candi di Desa Nglinggi di tandai dengan pemukulan gong oleh Kapolda Jateng (Jawa Tenggah) Irjen Ahmad Luthfi, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi melalui video conference yang dipimpin kepala desa Nglinggi yang diikuti 401 desa di 26 kecamatan di Kabupaten Klaten.

Kemudian simbolis penyerahan APD kepada perwakilan Camat di Kabupaten Klaten, dan acara tersebut diakhiri dengan penebaran 40.000 benih ikan di kolam yang letaknya tak jauh dari Balai Desa Nglinggi. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi ketahanan pangan yang ada di desa Nglinggi.

Penulis Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 100 kali

Comments are closed.