Dekranasda Klaten Dorong UMKM Lokal Go Digital

KLATEN – Era digital menjadi tantangan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menjangkau pasar. Selain persaingan yang semakin ketat, era digital juga menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk berkembang dan mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah, Eko Partono dalam sambutannya saat pelantikan dan pengukuhan pengurus Dekranasda Klaten 2021-2026 di Pendapa Kabupaten Klaten, Selasa (21/12/2021). Menurutnya transformasi pasar digital tidak dapat diabaikan melainkan harus disiapkan secara matang agar UMKM tidak tertinggal. Hal tersebut juga menjadi tugas dari Dekranasda yang menaungi UMKM.

“Kepada Ibu Ketua dan segenap pengurus Dekranasda Klaten, ke depan pasar digital semakin berat. Karena digital itu real time dan bersifat global. Artinya di manapun, kapanpun, dan siapapun bisa mengakses produk kita. Maka dari itu kita harus bisa menerima perubahan ini dan menyesuaikan perubahan ke ranah digital,” ungkapnya.

Eko yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah menyampaikan saat ini Dekranasda memiliki peran penting dalam kemajuan UMKM di era digital. Bukan lagi hanya mengawal eksistensi UMKM namun juga membantu mengembangkan pasar digital bagi UMKM.

Baca Juga:  Pemkab Klaten Raih Terbaik Kedua Penghargaan Pendukung Program KUR 2021

“Di dalamnya tentu ada upaya digitalisasi produk, dan diikuti literasi tentang digital. Selain itu penerapan netpreneurship (kewirausahaan digital) adalah keniscayaan. Saya yakin Dekranasda Klaten mampu membawa UMKM lokal bersaing di era digital,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Klaten, Endang Yoga Hardaya mengatakan Dekranasda Klaten saat ini mendorong digitalisasi UMKM. Termasuk pemanfaatan teknologi digital dan platform digital shop dalam pemasaran produk UMKM Klaten.

“Dekranasda Klaten juga mengambil peran memperluas jaringan pemasaran bagi UMKM lokal lewat pameran secara offline maupun online. Selain itu, kami berupaya memfasilitasi perajin untuk perlindungan kekayaan intelektual,” katanya.

Menurutnya dalam musyawarah pengurus Dekranasda Klaten, dalam kepengurusan masa bhakti 2021-2026 ini, semakin banyak pihak yang dilibatkan. Hal ini untuk menjamin eksistensi dan kemajuan UMKM Klaten ke depannya.

“Ada OPD teknis yang dilibatkan sehingga dapat memberikan pendampingan bagi UMKM secara maksimal,” ujarnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 91 kali

Comments are closed.