Desa Balerante Jadi Pilot Project Program Nasional Gagah Bencana

KLATEN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat mengunjungi Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kamis (5/10/2023). Kunjungan tersebut dalam rangkat observasi lapangan implementasi pilot project Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana).

Gagah Bencana merupakan gerakan PKK dari tingkat pusat hingga desa/ kelurahan, untuk membentuk individu keluarga dan masyarakat agar mampu menolong diri sendiri dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat, dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya, yang tanggap dan tangguh terhadap berbagai bentuk bencana.

Kunjungan tersebut dipimpin Ketua Bidang IV Tim Penggerak PKK Pusat Syafriati Syafrizal. Dalam kunjungannya, tim meninjau secara langsung sejumlah kegiatan yang menjadi lokus dari program Gagah Bencana.

“Lokus ini sudah cukup baik, tapi ini baru salah satu calon. Ada beberapa catatan yang harus diselesaikan. Harapannya bisa diverifikasi tahap kedua,” ungkapnya saat kunjungan yang Taman Ledok Sari (Talesa) desa setempat.

Secara umum, Nana menyampaikan sejumlah program yang disenergikan dan menjadi inovasi bersama pemerintah daerah telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat, khususnya ketangguhan menghadapi bencana, yaitu Titip Bandaku. Titip Bandaku merupakan inovasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Klaten untuk digitalisasi dokumen penting milik warga masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

Baca Juga:  Stabilkan Harga Pangan, Sri Mulyani Kembali Salurkan Bazar Pangan Murah di Kecamatan Prambanan dan Kebonarum

“Begitu banyak inovasi sinergitas yang sudah dilakukan, luar biasa. Salah satu inovasi yang bagus adalah Titip Bandaku ini cukup bagus, karena ini terkait dengan aset rumah tangga dan pendidikan. Kami hanya menemukan disini, mudah-mudahan bisa lolos ke tahap berikutnya ke nasional,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, tim observasi lapangan juga meninjau secara langsung sejumlah fasilitas pendukung yang digunakan untuk menhadapi bencana di Desa Balerante, seperti kandang komunal, titik evakuasi, hingga pos pantau induk Balerante.

Bupati Klaten, Sri Mulyani secara langsung menyambut kedatangan tim observasi TP PKK Pusat. Ia menyampaikan, Balerante merupakan salah satu desa di Klaten yang lokasinya paling dekat dengan kawah Gunung Merapi dengan jarak sekitar 5 kilometer dari puncak. Selama ini, masyarakat Balerante hidup berdampingan dengan bencana erupsi Gunung Merapi

“Klaten masuk kategori nomor 4 rawan bencana di Provinsi Jawa Tengah, sehingga sangat tepat sekali Tim Penggerak PKK Pusat dan Provisi Jawa Tengah mengunjungi Kabupaten Klaten untuk menyemangati Tim Penggerak PKK baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa dengan kegiatan Gagah Bencana,” ujarnya. (ns-ang/Kominfo-klt)

Baca Juga:  KPU Klaten Gelar Rekapitulasi Hasil Pemilu, Terbuka Untuk Umum

telah dibaca: 346 kali

Comments are closed.