Dinas Persip Klaten Luncurkan Kartu Perpustakaan Berbasis NIK “Kanda Pusta Berindu”

KLATEN- Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Klaten (Persip) Kabupaten Klaten menindaklanjuti Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang meluncurkan program Kartu Anggota Layanan Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI), atau di Kabupaten Klaten Bernama Kanda Pusta Berindu (Kartu Tanda Anggota Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan).
Plt Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Koleksi Naskah Nusantara Perpustakaan Nasional, Yuliatry Bunga menyampaikan setiap perpustakaan di daerah wajib penerapan kartu tanda anggota perpustakaan berbasis NIK yang terintegrasi dengan perpustakaan nasional.
Ia memaparkan Kartu SAKTI merupakan kartu anggota perpustakaan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan pengintegrasian data anggota perpustakaan. Penyederhanaan sistem keanggotaan perpustakaan nasional ini memberikan perluasan kepada masyarakat untuk mengakses peminjaman koleksi, khususnya koleksi digital.
“Kabupaten Klaten merupakan kabupaten yang melaunching Kartu SAKTI (Kanda Pusta Berindu) ke sembilan di Indonesia dan pertama kalinya di Provinsi Jawa Tengah,”ungkapnya.
Sementara Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mewakili Bupati Klaten secara langsung meluncurkan Kartu Tanda Anggota Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan (Kanda Pusta Berindu), Senin (20/06/2022) di Pendopo Setda Klaten.
Ia mengapresiasi dengan adanya Kanda Pusta Berindu yang berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) bisa sebagai pengintegrasian perpustakaan, dan lebih memudahkan akses masyarakat.
“Dengan pengintegrasian NIK maka anggota perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Klaten otomatis menjadi anggota Perpustakaan Nasional,” jelasnya.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Syahruna menambahkan ruang lingkup Kartu Tanda Anggota Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan bisa mengakses e-resources perpusnas, i-klaten dan bisa meminjam buku di perpustakaan Kabupaten Klaten dan nasional.
Terakhir, Plt Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Koleksi Naskah Nusantara Perpustakaan Nasional menyerahkan secara simbolik Kartu SAKTI atau Kanda Pusta Berindu kepada Wakil Bupati Klaten, Asisten, Kepala Disdukcapil, dan Kepala Dinas Persip Klaten.
(ttr/kominfo-klt)

Baca Juga:  Mau Beli Hewan Kurban? Simak Imbauan DKPP Klaten

telah dibaca: 67 kali

Comments are closed.