Dinkes Klaten Siapkan Genose Di Titik Penyekatan

Klaten – Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten mempersiapkan alat pendeteksi Covid-19 GeNose C19 di sejumlah titik penyekatan. Hal ini sehubungan larangan mudik lebaran 2021 yang disampaikan oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Dinkes Klaten, Cahyono Widodo mengatakan adanya tes genose di sejumlah titik penyekatan yang ada di jalur mudik Kabupaten Klaten tersebut agar pengawasan terhadap mobilisasi masyarakat semakin meningkat. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 sebelum dan sesudah Idul fitri.

“Sebagai antisipasi, terutama karena adanya larangan mudik. Tes deteksi ini juga untuk menunjang institusi yang melakukan penyekatan,” paparnya, Kamis (22/4/2021).

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu sepuluh unit perangkat GeNose C19 tersebut tiba di Klaten. Cahyono mengatakan pihaknya sudah jauh hari memesan perangkat yang dikembangkan oleh UGM tersebut.

“Kami masih menunggu, harapannya dalam waktu dekat ini sehingga kami segera mempersiapkan petugas pelayanan tes genose. Sehingga sudah siap, baik perangkat maupun petugasnya, sebelum pos penyekatan dioperasikan,” katanya.

Baca Juga:  Gubernur Minta Pemkab Dorong Serapan Zakat Lewat Baznas

Selain di pos penyekatan, rencananya GeNose C19 juga akan dioperasikan di sejumlah fasilitas layanan kesehatan yang ditunjuk sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Menurutnya GeNose C19 dipilih lantaran mekanisme kerja perangkat tersebut mudah dioperasikan serta hanya membutuhkan waktu yang singkat. Di sisi lain, tingkat akurasi GeNose C19 juga dinilai cukup tinggi dalam mendeteksi virus Covid-19.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 603 kali

Comments are closed.