Diskominfo Klaten Ajak Masyarakat Cerdas Pilih Informasi Saat Pendemi

KLATEN – Kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda dan belum diketahui kapan berakhir, menjadikan masyarakat rentan terhadap informasi yang beredar. Pasalnya, tidak semua informasi yang beredar mengandung unsur kemanfaatan bagi masyarakat meski informasi tersebut merupakan fakta.

Kondisi masyarakat kian rentan dengan banyaknya hoax atau kabar bohong yang timbul tenggelam di lini masa media sosial dan layanan kirim pesan seperti Whatsapp. Bahkan akhir-akhir ini beredar ajakan untuk stop mengakses informasi terkait perkembangan kasus Covid-19.

Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa mengatakan informasi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dihilangkan. Ajakan untuk tidak mengakses informasi Covid-19 dinilai justru bisa menyesatkan masyarakat lantaran tidak dapat mengetahui perkembangan kasus Covid-19.

“Masyarakat menjadi tidak tahu kondisi di daerah seperti apa. Padahal ada informasi positif yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkapnya, Kamis (15/7/2021).

Menurutnya lebih bijak apabila masyarakat mengedepankan prinsip ‘saring sebelum sharing’ terhadap informasi yang beredar. Namun bukan hanya memilah dan memilih informasi, masyarakat juga diminta untuk menimbang kemanfaatan dari informasi tersebut sebelum menyebarkannya.

Baca Juga:  Jelang Penutupan, Pendaftar CPNS Klaten Menembus 3.176 Pelamar

“Contoh seperti ini, ada berita dari sumber terpercaya dan isinya merupakan fakta. Namun belum tentu berita tersebut bermanfaat bagi yang mengakses atau membacanya, maka informasi ini bisa dihindari dan tidak perlu dikonsumsi. Sementara kalau bermanfaat untuk yang bersangkutan, perlu ditimbang seberapa manfaatnya untuk orang lain, kalau tidak atau kurang bermanfaat ya sebaiknya tidak perlu dibagikan dan cukup untuk diri sendiri,” katanya.

Berikut tips dari Kepala Diskominfo Klaten dalam menyikapi informasi yang beredar, khususnya di masa pandemi saat ini;

– Pastikan terlebih dahulu sumbernya, apakah kredibel atau abal-abal
– Pastikan kebenaran dan fakta dari informasi (konten, berita, kabar) yang didapat
– Ukur kemanfaatan dari informasi yang didapat
– Ukur tingkat kepentingan dari informasi tersebut
– Terakhir, ukur tingkat kemendesakan dari informasi tersebut

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 57 kali

Comments are closed.