Dukung Ketahanan Pangan, Ketua DPR RI Sebar Bibit Ikan Di Polanharjo

KLATEN – Dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Klaten, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI), Puan Maharani mengunjungi sentra produksi ikan nila di sentra pembesaran di Desa Nganjat, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Kamis (20/1/2022). Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPR RI turut menyebar bibit ikan nila di kolam yang dikelola Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Karya Mandiri desa setempat.

Desa Nganjat merupakan salah satu daerah minapolitan yang ada di Kabupaten Klaten. Bupati Klaten, Sri Mulyani turut mendampingi Ketua DPR RI saat menyebar benih ikan nila yang akan dibudidayakan tersebut.

Kepala Desa Nganjat, Pandu Sujatmiko mengatakan total benih ikan nila yang disebar sebanyak kurang lebih 150 ribu ekor. Benih tersebut merupakan bantuan dari Dinas Petanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten.

“Sebagai desa yang masuk dalam kawasan minapolitan, perikanan menjadi unggulan di Desa Nganjat dan turut menjadi penyanggah ketahanan pangan di Klaten melalui sektor perikanan,” ungkapnya ditemui usai acara.

Menurutnya wilayah desa yang dipimpinnya memiliki potensi aliran air dengan debit yang melimpah. Aliran yang bersumber dari Umbul Ponggok tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai media budidaya ikan nila.

Baca Juga:  Danrem 074 Wastratama dan Bupati Klaten Tinjau Lokasi TMMD Reguler Desa Nanggulan

“Potensi wilayah dengan adanya aliran air dari Umbul Ponggok dengan memanfaatkan bantaran sungai. Ada sekitar 150 kolam budidaya ikan nila yang difokuskan pada pembesaran bibit,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya kunjungan Ketua DPR RI tersebut, petani ikan semakin mendapatkan perhatian. Di antaranya dengan adanya kebijakan yang menunjang keterserapan produk budidaya ikan.

Usai menyebar bibit ikan nila, Ketua DPR RI bersama rombongan melanjutkan perjalanan guna menghadiri peresmian jembatan gantung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 93 kali

Comments are closed.