DWP Klaten Gelar Peringatan HUT Ke-23 

KLATEN – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DWP yang ke 23 tahun 2022 dengan tema “Membangun Perempuan Cerdas untuk Ketahanan Keluarga di Era Digital” dilakukan di Pendopo Pemerintah Kabupaten Klaten, Rabu (21/12/2022). Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Klaten, Sekretaris Daerah, Asisten I, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Organisasi Wanita Klaten, dan segenap tamu undangan lainnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan bahwa DWP yang saat ini terus berkembang perlu meningkatkan citra organisasi kedepan rasa percaya kaum perempuan perlu ditingkatkan dengan mendorong perempuan kedepan bukan saja mengubah  perilaku dalam keluarga tapi harus menjadi perempuan yang mengambil keputusan menyangkut kepentingan kaum perempuan.

“DWP sebagai organisasi istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki peran strategis utamanya dalam rangka mendukung peran suami dalam melaksanakan tugasnya selaku abdi negara dan abdi masyarakat dharma wanita juga menjadi pusat kesempurnaan bagi suami,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa banyak kesempatan bagi perempuan untuk sukses dengan tetap berperan sebagai istri maupun ibu untuk maju dan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman sehingga perempuan mampu pendidikan karakter sejak dini dan menyiapkan mental anak di era globalisasi. Pentingnya penguasaan keterampilan teknologi untuk peran ganda wanita sebagai guru dirumah hal tersebut merupakan tantangan besar bagi kaum perempuan perkembangan teknologi informasi semakin kencang masuk ke ruang pribadi keluarga.

Baca Juga:  Perayaan HKG PKK ke-52 di Klaten Bertabur Prestasi

“Kiranya sebagai istri Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menjadi motivator aktif di masyarakat di lingkungan bapak dan ibu semuanya dalam rangka menjaga kualitas dan ketahanan keluarga serta dapat membantu program Pemerintah Kabupaten Klaten sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud secara adil dan rata,” jelasnya.

Sementara, Ketua DWP Klaten, Efi Jajang Prihono dalam sambutannya menjelaskan bahwa DWP merupakan organisasi kemasyarakatan yang menghimpun istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan kegiatan melalui bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya organisasi yang sudah selayaknya seperti rumah tempat kita berbagi serta gagasan dan semangat dalam menguatkan gerakan pemberdayaan perempuan. Di tahun ini, peringatan HUT DWP mengambil tema Membangun Perempuan Cerdas untuk Ketahanan Keluarga di Era Digital.

“Melalui tema dan gerakan tersebut saya selaku ketua DWP Klaten mengajak seluruh pengurus dan anggota untuk belajar satu sama lain untuk terus mengasah keahlian di berbagai bidang kehidupan  dan juga tidak lupa mendalami nilai-nilai pancasila yang menjadi landasan dan pengembangan karakter sehingga nantinya kita menjadi panutan di tengah keluarga kita,” jelasnya.

Baca Juga:  Nayyara dan Reiky Terpilih Jadi Duta Genre Klaten 2024

Ia memaparkan sebagai bagian dari organisasi DWP juga mesti membuka ruang dialog dengan berbagai komunitas dan masyarakat dan lintas generasi kinerja DWP pada tahun-tahun mendatang akan sangat menentukan bagaimana anggota DWP mengembangkan kualitas diri  dan bagaimana menggerakkan keluarga dan masyarakat di era digital.

“Pada kesempatan kali ini saya selaku Ketua DWP mengucapkan ulang tahun DWP Klaten ke 23 tahun 2022 mari kita terus bergerak untuk membangun Indonesia khususnya Kabupaten Klaten dengan semangat pemberdayaan dan penguatan kepemimpinan perempuan,”ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga digelar talkshow dengan tema “Perempuan Cerdas Melek Kesehatan Reproduksi” yang dipaparkan Dr. Agung Kurniawan Sp.OG. dari RSUD Bagas Waras. Talkshow tersebut membahas mengenai kesehatan reproduksi terkait penyebab, gejala terkait organ reproduksi yang tidak sehat serta pencegahannya.

Penulis : (nin-ang/Kominfo-klt)
Editor : Pin

telah dibaca: 124 kali

Comments are closed.