Edukasi Kebencanaan Masyarakat Jadi Fokus BPBD Klaten

Klaten – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten menilai perlunya meningkatkan kapasitas edukasi kebencanaan untuk masyarakat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang tanggap akan bencana.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono saat menggelar sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana di Pendapa Kabupaten Klaten, Kamis (22/4/2021). Ia juga mengatakan dengan meningkatnya edukasi kebencanaan yang diberikan kepada masyarakat, maka masyarakat akan secara mandiri mengupayakan mitigasi terhadap potensi bencana yang ada di wilayahnya.

“Dengan adanya pendidikan kebencanaan yang menyasar banyak kelompok masyarakat, diharapkan masyarakat mengupayakan mitigasi bencana secara mandiri. Diharapkan semakin banyak lapisan masyarakat yang sadar terhadap potensi kebencanaan yang ada di wilayahnya,” paparnya.

Dengan adanya pandemi Covid-19 yang masih melanda, edukasi kebencanaan melalui kelompok masyarakat dinilai tepat. Sehingga meski aktivitas masyarakat yang dibatasi, materi kebencanaan bisa tetap disampaikan.

“Maka dari itu, dalam kegiatan ini kami mengajak banyak kelompok masyarakat. Sehingga awarenesss terhadap bencana yang ada di sekitarnya tetap terbangun dan muncul kearifan lokal untuk penanggulangan bencana dari masyarakat, termasuk menggelar pelatihan mitigasi bencana secara mandiri,” katanya.

Baca Juga:  Staf Ahli Menko Polhukam Apresiasi Pembebasan Lahan Tol Solo-Jogja

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Klaten, Jaka Sawaldi mengapresiasi kegiatan yang bisa menjadi pengingat bagi masyarakat. Terutama di masa pandemi, ancaman bencana tidak hilang sehingga diperlukan kesadaran masyarakat.

“Masyarakat pun dihimbau untuk tetap saling mengingatkan. Apa yang selama ini sudah dilakukan (mitigasi bencana) tetap dilaksanakan,” ungkapnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 35 kali

Comments are closed.