Festival Dakon : Bank Klaten Ajak Gemar Menabung Sejak Dini

KLATEN- Bank Klaten mengadakan Festival Dolanan Anak Klaten Oentoek Nabung (Dakon Fest 2022) dalam rangka mengajak anak-anak di Kabupaten Klaten untuk belajar menabung.

Dihadiri Bupati Klaten, Forkopimda Kabupten Klaten, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, dan Kepala OPD Kabupaten Klaten, yang mana pelaksanaanya diadakan, Sabtu (27/08/2022) di Monumen Juang’45 Kabupaten Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa animo anak-anak luar biasa, terlebih festival dolanan anak baru diadakan pertama kalinya oleh BPR Bank Klaten yang kerjasama dengan OJK.

Ia menjelaskan tujuan acara tersebut guna melestarikan dolanan anak yang tradisional, serta Bank Klaten memiliki tujuan dan target setiap satu anak didik (siswa) memiliki satu tabungan.

“Kita memiliki Bank Klaten, saya berharap anak didik di Kabupaten Klaten ini mau menabung di Bank Klaten,” jelas Sri Mulyani.

Kesempatan tersebut Bupati Klaten juga turut melihat stand mulai dari Omah Wayang, mencoba makanan tempo dulu yakni lumpia duleg, hingga mencoba permainan tradisional seperti Congklak, Bakiak, dan Lompat Tali di stand Kampung Dolanan Anak Sidowayah, Polanharjo.

Baca Juga:  Sah! Pemain PSIK Klaten Tandatangani Kontrak Liga 3 Jateng 2022

Sementara, Direksi BPR Bank Klaten Dewi Eka Sari memapaparkan dengan Festival Dakon dapat memberikan hiburan, meningkatkan kreativitas anak-anak, dan memperkenalkan cara menabung bagi anak sejak dini melalui program satu rekening satu pelajar (Kejar).

Ia melaporkan bahwa Festival Dakon yang merebutkan Piala Bupati Klaten, dikemas dengan dua perlombaan yakni perlombaan dolanan anak yang mengajak anak-anak gemar menabung melalui penampilan drama musikal (permainan dolanan) tingkat Sekolah Dasar (SD) diikuti sejumlah 18 kelompok, dan lomba mewarnai tingkat TK/Paud sejumlah 43 anak.

Ia menjelaskan kedepan Bank Klaten menjadi Bank Layak anak, akan terdapat ruang anak bermain dan berkreasi menyalurkan bakat anak-anak.

Ia mengatakan ada tabungan untuk mengedukasi anak-anak suka menabung dengan menawarkan tabungan program Bung Mapan dan Kejar.

Ia bergarap acara Festival Dakon dapat digelar setiap tahunnya, untuk pelajar sekolah tingkat SD, maupun dari Paud sampai TK dengan kerjasama Bank Klaten dan OJK.

“Semoga dolanan anak ini akan tetap eksis dan tidak termakan waktu dan paling penting bermanfaat bagi semua pelajar agar menjadi media regenerasi, kreativitas, dan seni dolanan yang terintegrasi dengan edukasi menabung anak sejak dini,” jelas Dewi.

Baca Juga:  Pembekalan Manajemen Pegawai, Bupati Klaten Ingatkan Disiplin dan Tanggung Jawab PNS

Terakhir, Sri Mulyani menyerahkan Piala Bupati Klaten yang akan diperebutkan seluruh peserta lomba kepada Direksi BPR Bank Klaten.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 70 kali

Comments are closed.