Festival Reog Klaten Lengkapi Kemeriahan HUT ke-77 RI

KLATEN – Festival reog bakal digelar di Jalan Pemuda, Klaten, Rabu (31/8/2022) siang. Kegiatan tersebut digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten sekaligus HUT ke-77 RI.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho mengatakan Festival Reog merupakan kegiatan pengganti karnaval budaya dan pembangunan yang tidak diadakan pada peringatan HUT RI tahun ini.

“Untuk festival reog, undangannya pukul 13.00 WIB. Nanti festival mulai sekitar pukul 14.00 WIB. Nanti kelompok reog akan mulai berjalan di ruas Jalan Pemuda,” kata Sri Nugroho, Senin (29/8/2022).

Pada festival tersebut, kelompok reog akan berjalan dari depan Taman Lampion hingga ke simpang lima Plasa Klaten atau yang dikenal dengan proliman Matahari. Masing-masing kelompok akan menunjukkan atraksi mereka di depan panggung kehormatan di Proliman Matahari. Terdapat kurang lebih 12 kelompok reog yang ikut andil dalam festival tersebut. Selain itu, ada lima kelompok kesenian lainnya, yakni barongsai serta tari.

“Fokus penampilan ada di pertunjukan reog. Ada selingan penampilan seperti jatilan, tari, dan barongsai,” ungkapnya.

Baca Juga:  Peringati HUT Ke-23, DWP Gelar Tes Kebugaran

Nugroho menjelaskan festival ini awalnya dijadwalkan digelar pada Minggu (28/8/2022) namun kemudian ada perubahan jadwal pelaksanaan dan bergeser ke hari Rabu.

(ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 468 kali

Comments are closed.