Galakkan Gemarikan, Pemkab Klaten Ajak masyarakat tingkatkan Konsumsi Ikan

Klaten- Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kalangan masyarakat Kabupaten Klaten, pada Sabtu pagi (14/3) diadakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan yang dilakukan di Bukit Sidoguro, Krakitan, Kecamatan Bayat. Lebih dari 2.200 Warga Klaten dari berbagai lapisan masyarakat secara antusias terlibat dalam kegiatan ini dan makan olahan ikan bersama-sama.

Pada kesempatan ini, Bupati Klaten Sri Mulyani juga menebar sebanyak 40.000 benih Ikan Nila di Rowo Jombor. Bantuan benih tersebut diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dan Komisi IV DPR RI untuk Kabupaten Klaten, yang nantinya ikan-ikan tersebut akan berguna untuk merawat ekosistem di Rowo Jombor.

Kegiatan Gemarikan di Kabupaten Klaten tersebut digencarkan oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, bersama Anggota Komisi IV DPR RI dan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DPKPP) Klaten. Harapan dari adanya kegiatan Gemarikan ini yaitu dapat menjadi stimulus bagi masyarakat Klaten untuk meningkatkan konsumsi ikan, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang manfaat konsumsi ikan.

Sekretaris Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP RI, Berny Achmad Subki menuturkan bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang besar dan Kementriannya berupaya mendorong agar konsumsi ikan oleh masyarakat Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Klaten ini agar dapat ditingkatkan. Sebab dengan mengkonsumsi ikan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Apalagi permasalahan gizi dan stunting masih dihadapi oleh beberapa daerah di Indonesia. Adanya kandungan protein dan Omega-3 yang tinggi tentunya sangat baik untuk mendukung terpenuhinya gizi dan dalam rangka pencegahan stunting.

“Kami dari KKP, akan terus meningkatkan konsumsi ikan bersama masyarakat dan melibatkan seluruh unsur di daerah, Ini adalah suatu tantangan bahwa kita punya potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang besar. Dan kita perlu untuk meningkatkan konsumsi ikan untuk kebutuhan nutrisi dan gizi di dalam negeri” terang Berny Achmad Subhi

Sri Mulyani mengapresiasi langkah yang dilakukan KKP dengan mengadakan kegiatan Gemarikan di Kabupaten Klaten. Pihaknya menambahkan bahwa Kabupaten Klaten juga memiliki potensi budidaya perikanan. Dalam setahun ada sekitar 28.000 ton ikan yang dihasilkan dari daerah-daerah penghasil ikan di Kabupaten Klaten seperti Kecamatan Polanharjo, Tulung dan lainnya. Bupati pun juga mengajak masyarakat untuk rutin mengkonsumsi ikan.

“Kepada masyarakat Kabupaten Klaten agar rutin mengkonsumsi ikan, karena kandungan protein dan Omega-3 nya tinggi. Khususnya agar anak- anak kita agar sehat selalu, tentunya kalau anak-anak sudah sehat nanti bisa cerdas juga” ungkap Sri Mulyani.

Penulis Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 47 kali

Comments are closed.