Gebyar UMKM Klaten Expo, Jadi Momentum Pulihkan Ekonomi

KLATEN- Gebyar Usaha Mikoro Kecil Menengah (UMKM) Klaten Expo menjadi momentum pulihkan ekonomi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-218 Kabupaten Klaten.
Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya secara langsung membuka acara yang berlangsung di Halaman Gedung Olahraga Gelarsena tersebut, Kamis (28/07/2022).
Ia menyebutkan bahwa ada yang menarik saat lesunya ekonomi akibat pandemi, tetapi ada usaha yang cenderung tumbuh yaitu UMKM.
“Sehingga acara Gebyar UMKM ini merupakan upaya mengenalkan produk UMKM yang ada Klaten kepada masyarakat Klaten,”jelasnya.

Ia memapaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Klaten juga menyediakan dana sebesar dua miliar rupiah untuk memberikan subsidi bunga kepada UMKM sebesar 80%.
Ia minta agara acara Gebyar UMKM dipromosikan dan ada sosialisasi lebih gencar guna menampilkan produk-produk Klaten agar bangkit dari pandemi.
“Promosi sangat berpotensi dan sangat diperlukan, usaha sekarang tidak perlu tempat luas tapi dengan stand dan teknologi online dapat dilakukan,” ujarnya.

Sementara di hari yang sama, Bupati Klaten, Sri Mulyani juga hadir langsung meninjau sejumlah 66 stand yang ada di Gebyar UMKM.
Ia menyampaikan acara tersebut dilaksanakan selama 10 hari mulai hari ini Kamis,(28/07) sampai (07/08/2022).
“Semoga ekonomi, UMKM di Kabupaten Klaten semakin kuat, semakin pulih dari adanya pandemi covid-19,” ungkap Sri Mulyani.

Ia memapaparkan Gebyar UMKM merupakan pameran paket lengkap ada kuliner, mainan, dan UMKM.
Ia minta panitia lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan bisa kerjasama dengan Disdagkop UMKM, dan Dekranasda.

Baca Juga:  Kompak Sambut Hari Kemerdekaan, DWP Klaten Lomba 17-an

Ia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Klaten terus mewadahi dengan mempromosikan, mempacking, dan memasarkan produk Klaten.
“UMKM kita gandeng pada saat event di Kabupaten Klaten, maupun saat ada event Provinsi, Nasional itu cara kita mempromosikan mengandeng UMKM yang ada di Kabupaten Klaten,” ujarnya.

Terlihat dalam pameran produk Gebyar UMKM Klaten Expo, Klaten mengeluarkan
11 stand yang terdiri dari klaster makanan olahan, batik, lurik, handycrafr, dan mabel.

Saat acara berlangsung, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Endang Yoga Hardaya menyampaikan adanya Gebyar UMKM dengan mendatangkan pelaku usaha di Solo Raya, UMKM Klaten bisa belajar produk dari luar wilayah untuk meningkatkan produksi menjadi berkembang.
“Produk Klaten mudah-mudahan dengan expo bisa bersaing dengan produk lain dan diterima oleh warga Klaten, Indonesia, dan luar negri,” jelasnya.

Terakhir, Ia minta para pejabat yang hadir bisa membeli produk-produk UMKM yang dipamerkan oleh pelaku UMKM Klaten.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 379 kali

Comments are closed.