Gelar Pahlawan Nasional Dokter Soeharto Segera Dikukuhkan Presiden

KLATEN – Pengusulan gelar pahlawan nasional bagi DR. dr. R. Soeharto segera memasuki tahap pengukuhan. Pemerintah Pusat akan segera mengukuhkan gelar pahlawan nasional tokoh asal Wonosari, Klaten ini.

Informasi tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud Mahmodin lewat akun Twitter-nya, Kamis (3/11/2022) malam. Dalam unggahannya, Menteri Mahfud MD menyampaikan Presiden akan anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 5 tokoh yang ikut merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Tokoh-tokoh tersebut diusulkan dari berbagai daerah yang telah diteliti jejak peran juangnya hingga diseminarilmiahkan posisi sejarahnya. Termasuk di dalam DR. dr. R. Soeharto asal Klaten.

“Pemerintah akan anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 5 putera pejuang dan pengisi kemerdekaan Indonesia. Kepada daerah-daerah dan institusi-institusi warisannya dipersilahkan melakukan tahniah (syukuran),” tulis Menteri Mahfud dalam akun Twitter-nya.

Pengukuhan tersebut rencananya akan digelar di Istana Negara pada 7 November 2022 mendatang. Selain DR. dr. R Soeharto, empat tokoh lainnya juga akan dikukuhkan sebagai pahlawan nasional dalam kesempatan tersebut. Yakni KGPAA Paku Alam VIII (DIY), dr. R. Rubini Natawisastra (Kalbar), H. Salahuddin bin Talabuddin (Maluku Utara), dan KH Ahmad Sanusi (Jawa Barat).

Baca Juga:  Peringati HUT Ke-23, DWP Gelar Tes Kebugaran

Sebelumnya, Pemkab Klaten memberikan dukungan terhadap pengusulan dr. Soeharto sebagai pahlawan nasional karena perannya semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Hingga nama DR. R Soeharto dikukuhkan sebagai nama jalan di ruas Gebyok-Jimbung pada Mei lalu oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Dr. R. Soeharto adalah putra asli Klaten kelahiran Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari dan dikenal sebagai dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta. Oleh Pemkab Klaten dan Pemprov Jawa Tengah, nama Dr. R. Soeharto diusulkan sebagai pahlawan nasional atas peran dan perjuangannya sejak berkiprah di Jong Islamieten Bond, menjadi pengurus besar Jong Java mengikuti Kongres Pemuda II (yang melahirkan Sumpah Pemuda). Perannya juga tercatat di Pusat Tenaga Rakyat dan peristiwa-peristiwa penting dan krusial sebelum dan pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, serta perannya dalam pendirian berbagai institusi penting negara.

Bupati Klaten mengatakan selain apresiasi, penamaan jalan ini juga sebagai bentuk upaya Pemkab Klaten untuk mendukung pengusulan gelar pahlawan nasional. Sehingga Dr. R. Soeharto dikenal luas oleh masyarakat, khususnya warga Klaten.

Baca Juga:  Larwasda Tahun 2022 : Bupati Klaten Minta Seluruh OPD Wajib Berinovasi

“Salah satu persyaratan pengusulan pahlawan nasional adalah namanya telah diabadikan melalui sarana monumental di daerah asal sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan Almarhum Bapak DR R Soeharto ini putra asli Klaten yang lahir di Desa Tegalgondo, calon pahlawan nasional pertama dari Klaten,” ungkapnya. (ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 532 kali

Comments are closed.