Generasi Milleneal Aktor Penting Turunkan Prevalensi Stunting

KLATEN – Bonus demografi 2030 mendatang harus dipersiapkan melalui peran generasi millenial dengan bekal pemahaman yang cukup guna penurunan prevalensi masalah stunting.
Pesan itu disampaikan Kepala Sub Bidang Informasi dan Komunikasi Sosial Direktorat Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Sarjono, pada pembukaan Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) di Hotel Galuh Prambanan, Kabupaten Klaten kerja bareng dengan Dinas Komunikasi Informatika Klaten (Selasa, 2/07/19).
Acara tersebut diikuti sekitar 300 peserta baik pelajar, mahasiswa, kepala desa serta tokoh masyarakat Klaten itu Sarjono mengajak generasi muda paham stunting dan menerapkan pola hidup sehat.
“Pencegahan stunting harus dilakukan sedini mungkin, bahkan sejak calon ibu alias remaja. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif masyarakat untuk mengubah perilaku dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat di lingkungannya agar melahirkan generasi mendatang yang terbebas dari masalah stunting. Kementerian Kominfo terus berkomitmen menyediakan informasi terkait isu stunting yang mudah diakses dan dipahami masyarakat. Salah satunya melalui Forum GenBest ini. Melalui gerakan tersebut, masyarakat, khususnya generasi muda, diharapkan mampu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.
Narasumber yang lain Kepala Bidang Sosisal Dinas Sosial, Perlindungan Anak, Perempuan, Kependudukan dan Keluarga Berencana, Dewi Krisnawati mengingatkan pentingnya kehidupan sosial yang sehat bagi remaja.
“Generasi millenial itu tidak saja paham kesehatan reproduksi tapi juga tahu batas-batas dalam bergaul. Kasus pelajar yang hamil dan anaknya dibuang di sawah beberapa waktu lalu harus jadi pelajaran. Bagaimana remaja bisa belajar dan mengejar cita- cita, jika harus hamil muda dan merawat bayi. Pola komunikasi dengan orang tua juga harus dijaga dengan baik sehingga anak bisa tumbuh kembang dengan baik” jelasnya.
Selain mengikuti diskusi panel sebanyak 300 peserta baik pelajar, mahasiswa dan bidan di acara Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) juga diajarkan bermedia sosial. Seluruh diminta membuat story di akum intagram masing-masing sebagai bagian kampanye sadar stunting

telah dibaca: 30 kali

Comments are closed.