Gerakan Peduli Sungai Di Klaten Jadi Percontohan Nasional

Klaten – Gerakan masyarakat Kabupaten Klaten yang peduli lingkungan sungai mendapatkan apresiasi dari tingkat provinsi hingga nasional.

Kegiatan bersih lingkungan yang diinisiasi oleh Sekolah Sungai Kabupaten Klaten bahkan menjadi percontohan nasional lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan capaian ini tidak akan terwujud tanpa peran serta masyarakat yang mencintai lingkungan.

“Apalagi bila mengingat Klaten disebut sebagai daerah dengan seribu mata air. Tentu hal ini sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga, merawat, dan melestarikan apa yang sudah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Yayasan Sungai Lestari Indonesia di SMPN 1 Jogonalan, Senin (29/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang hadir langsung menyampaikan kebanggannya terhadap gerakan Sekolah Sungai Kabupaten Klaten yang melibatkan banyak pihak tak terkecuali unsur pemerintahan. Ganjar mengaku tak segan mencontohkan gerakan tersebut agar dapat diaplikasikan oleh daerah lain khususnya kabupaten/kota di Jawa Tengah.
“Kalau Klaten bisa, artinya di kabupaten/kota lainnya juga bisa. Tinggal komitmennya bagaimana, mau atau tidak,” paparnya.

Baca Juga:  Inilah Waktu Yang tepat Untuk Tidur di Saat Puasa

Hal yang sama juga disampaikan Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo. Ia turut bangga dengan gerakan masyarakat yang mampu melestarikan lingkungan sungai dan mata air sebagai sumber kehidupan masyarakat. Menurutnya gerakan serupa sudah seharuskan didukung oleh pemerintah setempat.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 55 kali

Comments are closed.