“Hapi Sakina” Pedan, Ibu dan Anak Sehat

Klaten – Seleksi Hari terakhir Pemilihan Pelaksana Terbaik Posyandu Tingkat Kabupaten Klaten 2019 dilakukan di Posyandu Mekar Sari 4 Desa Keden, Kecamatan Pedan. Posyandu Mekar Sari 4 memiliki inovasi “Hapi Sakina” singkatan dari Hamil Pintar, Stop Kematian ibu dan anak. Program “Hapi Sakina” ini program untuk ibu hamil yang ada di Mekar Sari 4, Desa Keden, Kecamatan Pedan yang telah berjalan sejak Tahun 2017. Tim penilai ketika sampai di Posyandu langsung disambut oleh Kader Posyandu Mekar Sari 4 dengan menyanyikan lagu mars PKK, dan lagu ciptaan kader Posyandu Mekar Sari 4 serta penampilan tarian dari alumni Balita Posyandu Mekar Sari 4.

“Posyandu merupakan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat dari masyarakat untuk masyarakat untuk pembangunan kesehatan masyarakat. Tujuannya untuk menurunkan angka kematian ibu, anak dan balita. Menghilangkan Stunting dalam menyiapkan generasi anak-anak di masa depan. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan positif serta sebagai wahana untuk meningkatkan ketahanan pangan, ekonomi dan mewujudkan anak-anak yang unggul, sehat dan cerdas dapat tercapai jelas Atik Jaka Sawaldi Ketua PKK kabupaten Klaten.

Atik Jaka Sawaldi menambahkan bahwa Posyandu ini bersifat nasional dan berjenjang, berdasar atas kerjasama antara Menteri Dalam Negeri, Kementrian Kesehatan, dan Kantor BKKBN. Penilaian mulai dari bawah tingkat kecamatan lalu diajukan ke kabupaten, setelah itu dilakukan verifikasi administrasi dan ditentukan 6 besar. Seperti saat ini lalu dilaksanakan penilaian di lapangan. Posyandu Mekar Sari 4 ini termasuk dalam 6 besar tingkat Kabupaten Klaten.

“Hapi Sakina bertujuan untuk mengurangi jumlah kematian ibu dan bayi di wilayah Keden. Dulu ada kematian satu ibu dan bayi, sehingga kerjasama dengan bidan dan dengan pertemuan ini bisa mendapatkan informasi, wawasan yang lengkap dalam menjaga kondisi saat hamil dan bagaimana nantinya merawat anak-anak mereka. Apa yang dilakukan saat hamil, membuat psikologis ibu hamil juga baik. Diharapkan ibu dan anaknya bisa sehat dan anaknya bisa menjadi anak-anak yang unggul dan cerdas” ungkap Fitri Astutik, Kader Posyandu Mekar Sari 4.

Didalam pertemuan Hapi Sakina juga dikemas dalam bentuk Permainan edukasi, dan yel-yel untuk pengemasan menarik seperti memancing ikan kertas sambil memberi materi yang disiapkan kepada ibu-ibu hamil. Sehingga ibu hamil tidak bosan dan selalu ingat yang harus dilakukan sehingga bisa menjaga kandungannya dengan baik. Pemaparan materi lengkap melalui permainan tersebut seperti IMD, Asi Ekslusif, mendidik anak yang baik dan bagaimana cara merawat kandungan yang benar dll.

Setelah tim penilai mengunjungi dan menilai enam besar Posyandu di Kabupaten Klaten yaitu di kecamatan Cawas, Trucuk, Prambanan, Juwiring, Klaten Utara, dan Terakhir di Pedan. Nantinya akan terpilih satu yang akan mewakili kabupaten Klaten ke Tingkat Provinsi.

telah dibaca: 91 kali

Comments are closed.