Harap Lebih Patuhi Prokes, Angka Kematian Covid 19 di Klaten Masih Tinggi

Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan atau Satgas PP Covid-19 terus berupaya keras menekan kasus penularan infeksi virus berbahaya covid 19 yang menyerang saluran pernafasan ini. Upaya itu akan sia – sia jika warga sendiri tidak taat mematuhi protokol kesehatan.
Berdasarkan pengolahan data covid 19 dati tim teknis Dinas Komunikasi Informatika Klaten menunjukkan angka kematian kasus covid 19 yang meninggal dunia yang terjadi masih sangat tinggi. Pada pekan pertama Januari 2020 nilai rata – rata kematian kasus terkonfirmasi covid 19 di Kabupaten Klaten ada di angka 3,4 dengan jumlah meninggal dunia ada 24 kasus.
Artinya dalam sehari warga Klaten yang meninggal akibat covid 19 rata-rata ada tiga orang atau lebih. Jumlah kematian tertinggi dilaporkan pada Senin (4/1/20) dengan 9 kasus dan disusul hari Rabu (6/1/20) dengan 7 kasus meninggal dunia.
Data ini menunjukan ada peningkatan sangat signifikan kalau dibandingkan sepekan sebelumnya yakni pekan keempat bulan Desember 2020. Dari data yang diolah dari rilis Satgas PP Covid-19 Kabupaten Klaten oleh tim teknis Dinas Komunikasi Informatika Klaten pada pekan keempat Desember 2020 tercatat ada 19 kasus covid 19 di Klaten yang meninggal dunia atau dengan nilai rata – rata ada di angka 2,7.
Menanggapi masih tingginya kasus kematian akibat covid 19, Bupati Klaten Sri Mulyani terus mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan. Lebih-lebih di masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.
“Pemerintah sangat memahami kondisi masyarakat akibat PSBB ini. Tapi kondisi sulit ini harus kita hadapi bersama. Angka kematian covid 19 di Klaten masih tinggi” jelas Bupati Sri Mulyani saat memimpin rapat evaluasi PSBB di ruang kerjanya (Kamis, 14/01/20).
Ia menambahkan untuk mendorong keberhasilan PSBB telah diperintahkan semua kepala instansi untuk turun ke wilayah. Pengerahan ini dimaksudkan untuk memperkuat tugas Satgas PP Covid 19 di semua kecamatan dibantu TNI/Polri dan Satpol PP. PSBB ini adalah tindak – lanjut dari Interuksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 terkait pembatasan kegiatan masyarakat.
“Kata kunci menekan penularan covid 19 adalah kepatuhan masing-masing mastarakat terhadap protokol kesehatan. Saya memohon masyarakat tolong patuhi protokol kesehatan. Selalu memakai masker, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan yang tidak perlu. Kalau tidak sangat penting stay at home saja” pungkasnya.
Berdasarkan data rilis Satgas PP Covid-19 Kabupaten Klaten terhitung (Rabu, 13/01/20) menunjukan terdapat 22 pasien yang dinyatakan sembuh, penambahan 25 pasien terkonfirmasi covid-19 dan 4 pasien meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah kumulatif covid-19 di Kabupaten Klaten menjadi 3.632 kasus. Dari jumlah tersebut 410 menjalani perawatan atau isolasi mandiri, 3.042 sembuh dan 180 meninggal dunia.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 102 kali

Comments are closed.